Iklan Layanan Masyarakat

Dinbudpar Fokus Kembangkan Wisata Alam

Rabu, 04 Jan 2023 08:43:13 863

Keterangan Gambar : Dinbudpar Fokus Kembangkan Wisata Alam


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) pada tahun 2023, fokus mengembangkan wisata alam, karena potensi yang ada dapat diangkat ke kancah nasional hingga internasional. 

"Di Temanggung selama ini masih dominan wisata alam, dan wisata buatan hanya Pikatan Water Park dan beberapa kolam renang lokal. Untuk itu, karena wisata alam masih mendominasi, maka di tahun 2023 ini kita masih mengembangkan wisata alam itu," kata Kepala Dinbudpar, Saltiyono Atmaji, Rabu (4/1/2023).

Ia menyebutkan, terdapat lima kecamatan yang potensi alamnya dapat diangkat ke kancah nasional hingga internasional, yakni Kecamatan Kledung, Ngadirejo, Tretep, Bejen dan Wonoboyo. 

"Di Kecamatan Kledung saat ini sudah ada Wisata Alam Posong, Sigandul View, dan Embung Kledung yang mampu menarik kunjungan wisatawan dari luar daerah, sementara di Kecamatan Ngadirejo sudah ada wisata kolam renang, Wisata Umbul Jumprit dan Situs Liyangan, sedangkan di Kecamatan Bejen, Tretep dan Wonoboyo, sudah ada Wisata Alam Kembang Arum dan pendakian Gunung Prahu," imbuhnya.

Guna pengembangan destinasi di lima kecamatan tersebut, Pemkab terus memperbaiki insfrastruktur pendukung berupa pelebaran dan pembangunan akses jalan menuju lokasi wisata tersebut.  Bahkan, Pemkab juga gencar melakukan promosi melalui media sosial, maupun event-event kesenian dan budaya.

"Pada tahun 2022 ini, pembangunan jalan akses ke lokasi wisata itu dari Kecamatan Ngadirejo hingga Sibajag. Di situ kan sekarang menjadi akses wisatawan luar daerah yang akan ke Dieng. Jadi kita manfaatkan itu agar wisatawan tidak hanya berkunjung ke Dieng, melainkan juga singgah dan menikmati destinasi yang kita punya, seperti Sibajag Green Canyon, Wisata Umbul Jumprit dan juga rest area Jumprit yang baru selesai dibangun," tegasnya.

Saltiyono menyebutkan, pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 kunjungan wisatawan di beberapa destinasi wisata di Temanggung sebanyak 35 ribu orang. Jumlah terbanyak kunjungan wisata ke Sigandul View dan Wisata Alam Posong di Kecamatan Kledung yang mencapai 20 ribu lebih.

"Libur Natal dan Tahun Baru 2023 itu awalnya kita perkirakan 20 ribu orang, namun pada kenyataannya mencapai 35 ribu orang. Dari jumlah itu, kunjungan terbanyak ada di Sigandul View dan Wisata Alam Posong yang mencapai 20 ribu lebih, sisanya itu tersebar di beberapa destinasi, seperti Pikatan Water Park, Kolam Renang Simpleng dan Wisata Botorono dan Situs Liyangan," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top