Iklan Layanan Masyarakat

Desa Tlogopucang Adakan Jamasan Alat Deres

Sabtu, 05 Nov 2022 14:50:26 486

Keterangan Gambar : Desa Tlogopucang Adakan Jamasan Alat Deres


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq didampingi istri, Eni Maulani Saragih mengikuti acara Kirab Gunung Gendis, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Sabtu (5/11/2022).  

Acara yang berlangsung meriah diikuti oleh lembaga desa, perangkat desa, PKK, karang taruna, masyarakat desa, dan duta desa.

Bupati Al Khadziq dalam sambutannya sangat bangga, selain diadakan kirab Gunung Gendis, juga dilaksanakan pameran produk-produk dari masyarakat Desa Tlogopucang. 

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat yang datang untuk membeli produk-produk kita sendiri. Jangan lupa promosikan dan pasarkan produk dari Tlogopucang keluar desa, kalau bisa sampai keluar kabupaten,” katanya.

Dengan diadakan acara ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat diberikan keberkahan dengan rezeki yang melimpah, kesehatan, panjang umur dan diberi anak cucu yang sholeh dan sholehah. 

Acara kirab Gunung Gendis dimulai dari halaman rumah Kepala Desa menuju Gelanggang Olah Raga Legenda Desa Tlogopucang. Rombongan warga dengan berbagai tema berjalan mengikuti Bupati dan Kepala Desa yang menunggang kuda mengenakan pakaian adat. 

Selanjutnya, setelah sampai gedung desa dilakukan jamasan alat deres gula oleh Bupati. Berbagai peralatan deres tersebut adalah yang biasa digunakan oleh petani Desa Tlogopucang untuk mengambil nira sebagai bahan baku pembuatan gula aren.

Desa Tlogopucang merupakan salah satu sentra penghasil gula aren di Kabupaten Temanggung.(MC.TMG/ds2;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top