Iklan Layanan Masyarakat

Desa Permata, Mudahkan Layanan Adminduk Masyarakat Temanggung

Rabu, 29 Des 2021 12:48:10 809

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung Memukul Gong, Tanda Peresmian Lauching Program Desa Permata untuk 289 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Temanggung. Rabu (29/12/2021). 


Temanggung, Mediacenter – Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung, melakukan grand launching program Desa Permata untuk 289 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Temanggung. Program layanan administrasi kependudukan (adminduk) ini merupakan inovasi guna memudahkan masyarakat menjangkau kepengurusan. 

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, sebanyak 289 desa/kelurahan di Kabupaten Temanggung kini terakomodir dalam program pelayanan administrasi kependudukan ini.  Inovasi layanan Desa Permata disebut sangat berharga bagi Kabupaten Temanggung dan merupakan bagian dari proses penting berkabupaten. 

"Dalam RPJMD, ini dinamakan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang semakin bersih dan semakin melayani masyarakat. Dengan menggunakan kemajuan teknologi digital, kemajuan teknologi nirkabel, maka pelayanan kependudukan bisa dilaksanakan di semua desa, dengan target masyarakat tidak perlu lagi ke kantor Dindukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan," katanya di Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Rabu (29/12/2021). 

Kabupaten Temanggung termasuk yang terdepan, sehingga masyarakat diuntungkan dengan layanan seperti ini, karena dipermudah dalam mengurus semua dokumen yang diperlukan. Sekarang, tinggal pelaksanaannya agar desa-desa betul-betul siap untuk menjalankan. 

"Saya dengar Pak Bagus, sudah melatih perangkat desa, jadi sesungguhnya desa-desa sudah memiliki perangkat yang dibutuhkan, baik itu perangkat keras, maupun perangkat lunak, sehingga tahun 2022 sudah bisa dilaksanakan di semua desa. Sambungan internet semua sudah tersambung, tinggal sekarang sinkronisasi, harmonisasi para pemangku kepentingan atau para pihak yang menjadi penentu proses pelayanan secara online seperti ini," imbuh Bupati. 

Menurut Bupati, saat ini tinggal sinkronisasi, dinamisasi, harmonisasi, menjalankan pelayanan Desa Permata. Terpenting, dalam pelaksanaan nanti, kalau ada masalah, hambatan, langsung disampaikan kepada pihak terkait, misal Dindukcapil, Dinkominfo, atau Dinpermades, kemudian ditekankan pula aplikasi di lapangan harus optimal. 

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengapresiasi grand launching Desa Permata dalam rangka untuk tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Temanggung ini. Langkah ini menuju profesionalisme pelayanan kepada masyarkat yang sebaik-baiknya. 

"Dengan layanan ini, pelayanan administrasi kependudukan bisa lebih cepat terlayani dengan baik, prinsipnya mudah, cepat, murah, karena warga tidak perlu ke kantor Dindukcapil, tetapi cukup di kantor desa masing-masing.  Murah, karena semua gratis tidak ada pungutan. Harapan saya, tetap ditingkatkan layanannya dan jangan ada calo-calo dalam pengurusan adminduk. Desa/kelurahan untuk meningkatkan layanan ini, apalagi ke depan, akan ada anjungan pelayanan mandiri," kata Wabup. 

Ketua DPRD Temanggung, Yunianto mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dindukcapil dengan program Desa Permata, yang dapat meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat. Kendati hal ini tidak mudah, namun semua bisa dimaintenance, termasuk teknis dan peralatan. 

"Harapannya adalah pelayanan adminduk dapat terselenggara dengan cepat dan baik. DPRD senantiasa mendukung dan mendorong program Dindukcapil ini. Kita harap, semua wilayah hingga pelosok benar-benar dapat terlayani dengan baik, terwujud dengan sukses," katanya. 

Kepala Dindukcapil Kabupaten Temanggung, Bagus Pinuntun menyampaikan, saat ini ada beberapa layanan yang diberikan melalui Desa Permata ini, yakni Kartu Keluarga (KK), perubahan elemen KTP, akte kelahiran, dan akte kematian. 

Plt Kepala Dindukcapil Provinsi Jawa Tengah, Didi Haryadi, menyambut baik atas launching aplikasi Desa Permata. Aplikasi ini sangat bagus dan menjadi bukti, jika Dindukcapil Temanggung berinovasi dan berbenah diri untuk terus meningkatkan pelayanan adminduk di Temanggung. 

"Ini keren, kami apresiasi Desa Permata di Kabupaten Temanggung yang memudahkan layanan kepada masyarakat dalam hal administrasi kependudukan. Saya harap, nanti kabupaten-kabupaten lain di Jawa Tengah juga bisa melakukan hal yang sama dengan Temanggung. Reformasi layanan adminduk di Temanggung ini harus ada layanan responsif dari petugasnya dan terbukti terus membaik, bahkan penilaian dari Dirjen Dindukcapil Kemendagri secara nasional sudah masuk level 4. Selamat atas launching Desa Permata, semoga bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Temanggung," tandasnya. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top