Iklan Layanan Masyarakat

Desa Giyono Adakan Merti Dusun Napak Tilas Raden Trenggono Kusumo

Sabtu, 30 Jul 2022 18:46:33 212

Keterangan Gambar : Desa Giyono Adakan Merti Dusun Napak Tilas Raden Trenggono Kusumo


Temanggung, Media Center - Dusun Krajan, Desa Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung mengadakan acara merti dusun dengan melakukan kirab budaya napak tilas Raden Trenggono Kusumo yang dipusatkan di Sendang Ayu atau sering disebut Sendang Bong Gede, Sabtu (30/7/2022).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinpermades serta jajaran Forkopimcam Jumo.

Acara yang digelar tiap tahun dan diikuti oleh seluruh warga Desa Giyono ini adalah ucapan rasa syukur kepada Tuhan, serta kepada leluhur Desa Giyono yaitu Raden Trenggono Kusumo yang menancapkan tongkatnya ke tanah, sehingga munculah sumber mata air yang sangat besar yang sekarang diberi nama Sendang Bong Gede.

Budaya lokal, budaya Jawen di Desa Giyono masih sangat kental. Demi melestarikan budaya leluhur Desa Giyono seluruh warga saling membantu dan gotong royong, meskipun warga desa mempunyai kepercayaan agama yang beraneka. Hal tersebut agar generasi penerus tidak lupa atau melupakan perjuangan apa saja yang telah dilakukan leluhur untuk desanya.

Bupati HM Al Khadziq berpesan kepada seluruh warga, khususnya Desa Giyono untuk senantiasa melestarikan alam lingkungan yang telah diwariskan oleh leluhur agar Kabupaten Temanggung tetap lestari dan dirasakan oleh generasi penerus. (MC TMG/Chy;Ekp;Ysf).

Pencarian:

Komentar:

Top