Iklan Layanan Masyarakat

Deklarasi Gerakan Pasar Bebas Sampah Bupati Bagikan Tas Ramah Lingkungan

Sabtu, 06 Nov 2021 10:49:37 800

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung Membagi Kantong Belanja Kain Untuk Pengganti Kantong Plastik.


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-187 Kabupaten Temanggung, Pemerintah Kabupaten Temanggung mengadakan serangkaian acara, salah satunya Deklarasi Pasar Bebas Sampah dan Gerakan Bersih Lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (5/11/2021) untuk Deklarasi Pasar Bebas Sampah dan pada hari Minggu (7/11/2021) untuk Gerakan Bersih Lingkungan.

Deklarasi Gerakan Pasar Bebas sampah dipusatkan di Pasar Ngadirejo, dengan dihadiri oleh Bupati Temanggung HM AL Khadziq, Forkompimcam Ngadirejo, Dewan Persampahan, Paguyuban Pedagang, Fasilitator persampahan se-Kecamatan Ngadirejo serta OPD Terkait.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi atas penyelenggaraan Gerakan Temanggung Bersih, kegiatan bersih-bersih dilakukan secara serentak oleh instansi-instansi pemerintah, BUMD, maupun swasta.

Selain kebersihan, juga dideklarasikan Gerakan Pasar Bebas Sampah yang dicanangkan di Pasar Ngadirejo yang merupakan gerakan kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, serta kampanye kepada keluarga besar pasar, agar sampah dapat dikelola dengan 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle) serta harus dipilah sesuai dengan jenisnya.

“Kita lakukan kampanye penyadaran kepada masyarakat terlebih dulu, kalau dalam pelaksanaan nanti ada hambatan, baru kita pikirkan untuk perangkat peraturan-praturannya," kata Bupati.

Ditambahkan, bahwa untuk mempercepat Program Temanggung Bebas Sampah,  semua komponen masyarakat, baik unsur pimpinan sampai masyarakat harus bersatu padu bersama-sama menggaungkan dan mengingatkan agar selalu menggunakan tas belanja dari rumah dan mencegah penggunaan plastik sekali pakai (tas kresek).

Acara dilanjutkan, dengan pembagian tas belanja yang dapat dipakai berulang kali kepada pengunjung pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Entargo Yutri Wardono menjelaskan bahwa Gerakan Temanggung Bersih dalam rangka Hari Jadi ke-187 Kabupaten Temanggung diawali Gerakan Pasar Bebas Sampah yang dilaksanakan di Pasar Temanggung, Pasar Parakan dan Pasar Ngadirejo. Untuk pasar lainnya akan dilakukan pada waktu yang akan datang.

“Untuk hari ini, Gerakan Temanggung Bersih dilaksanakan di pasar-pasar, gerakan bersih-bersih yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Temanggung, dan besuk Hari Minggu akan mengerakkan rumah tangga-rumah tangga di tingkat dusun atau lingkungan untuk membersikan lingkungan, jalan, saluran/selokan, taman dari sampah liar,” jelasnya.

Acara diawali dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pasar Bebas Sampah, bahwa warga pasar daerah Kabupaten Temanggung yang terdiri dari Unit Pengelola Teknis (UPT), pedagang pasar, dan pengunjung bertekad untuk mewujudkan Pasar Bebas Sampah.

Dilanjutkan treatikal oleh grup kesenian Sekar Langit dengan menampilan tema menjaga lingkungan dan penempelan stiker Pasar Bebas Sampah oleh Bupati dan Kepala DPRKPLH Temanggung. (MC.TMG/pd;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top