Iklan Layanan Masyarakat

Dari Bebasnya Kivlan Zein dan Soenarko hingga Jokowi Akan Impor 10 Juta Warga China

Rabu, 19 Jun 2019 11:02:28 844

Keterangan Gambar :


Jakarta, Kominfo – Beredar hoaks di media sosial yang menyebutkan Kivlan Zein dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Soenarko, sudah bebas pada hari Selasa, 4 Juni 2019. 

Bebasnya Kivlan Zein dan Soenarko dikarenakan penangguhan penahanan dikabulkan oleh kepolisian. Untuk meyakinkan kebenaran kabar tersebut, salah satu satu akun Facebook mengunggah video berdurasi 2 menit 50 detik pada tanggal 4 Juni 2019 pukul 17:21 WIB, 

Dalam video tersebut, tampak Kivlan Zein dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Soenarko sedang bersama para penjenguknya. akun itu juga menyertakan narasi, “Alhamdulillah … Jenderal purnawirawan Kivlan Zein dan Soenarko. Bebas hari ini.” 

Plt Kepala Biro Humas Kementerin Kominfo Ferdinandus Setu menepis informasi tersebut. Faktanya, per tanggal 4 Juni 2019 tersangka dugaan makar Kivlan Zein dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Soenarko masih ditahan. 

“Tidak benar, karena penangguhan keduanya belum dikabulkan. Informasi ini disampaikan oleh Pengacara Kivlan Zein, Tonin Tachta dan Ferry Firman Nurwahyu selaku kuasa hukum dari Soenarko,” kata Ferdinandus di Jakarta, Rabu (05/06/2019).

Berdasarkan informasi dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, juga mengaku belum mendapat informasi lanjutan perihal permohonan penangguhan penahanan tersebut.

Beredar kabar lainnya yang mengatakan, Presiden Jokowi akan mengimpor 10 juta warga China. Kabar itu kembali muncul di media sosial dengan klaim pemilik akun, bahwa upaya mendatangkan jutaan warga China itu sebagai bentuk realisasi dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan China dalam hal ketenagakerjaan. 

Ferdinandus menjelaskan, kabar hoaks itu disebar dengan tendensi mengkhawatirkan ancaman terhadap tenaga kerja Indonesia itu. Menurut Ferdinandus Setu, informasi itu merupakan isu lama yang sengaja diangkat kembali.

“ini isu lama yang sering diangkat kembali dan diperdebatkan masyarakat. Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara membantah isu tersebut. Jadi, bohong besar jika dikatakan akan ada 10 juta pekerja asing asal Tiongkok yang masuk Indonesia,” imbuhnya.

Klarifikasi itu disampaikan lewat Twitter resmi Kemensetneg, @KemensetnegRI. Presiden Joko Widodo menegaskan, kabar serbuan 10 juta tenaga kerja China ke Indonesia, merupakan isu semata. Akun @KemsetnegRI memastikan, jumlah tenaga kerja China yang berada di Indonesia tidak sebanyak itu. 

Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 5 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo.

1. Kivlan Zein dan Soenarko Bebas Pada Selasa 4 Juni 2019

2. Presiden Jokowi Akan Impor 10 Juta Warga China

3. Pemuda Thailand Gunakan Plat Palsu Kepolisian

4. Foto Prajurit Militer Perancis Memanggang Seorang Bocah Mali

5. Presiden Jokowi Dikatakan Seperti Anak Kecil dan Bodoh oleh Media Luar

6. Sejumlah Media Berikan Rating Bintang Lima ke Film Hanum dan Rangga

7. Pesan Berantai Novena Bunda Teresa

8. Video berisi Virus “Dance of the Pope”

9. Foto Pria Bersama 13 Istri Sedang Hamil Bersamaan. **

Pencarian:

Komentar:

Top