Iklan Layanan Masyarakat

Curah Hujan Tinggi dan Sumbatan Sampah Jadi Pemicu Genangan Air di Temanggung

Senin, 05 Apr 2021 17:44:39 609

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung H. M. Al Khadziq.


Temanggung, MediaCenter – Curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu terakhir menyebabkan terjadinya luapan air di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Temanggung. 

Menanggapi kejadian tersebut, Bupati Temanggung H M Al Khadziq mengatakan, selain karena curah hujan yang tinggi, sering terjadinya luapan air di wilayah Temanggung juga disebabkan karena air hujan yang mengalir ke bawah membawa gumpalan-gumpalan sampah. 

“Gumpalan-gumpalan sampah tersebut kemudian menutup saluran air, sehingga air meluap kemana-mana, akibatnya dibeberapa wilayah terjadi banjir,” kata Bupati, Senin (5/4/2021).

Bupati menambahkan, air hujan yang turun membawa gumpalan sampah tersebut menyumbat saluran air, sehingga air meluap dan menggenangi perumahan penduduk.

“Saluran-saluran air yang ada di pemukiman dan di tepi jalan di Kabupaten Temanggung semuanya sudah memenuhi kriteria standar teknis yang dipersyaratkan, yaitu dengan lebar antara 0,5 sampai dengan 1 meter. Tetapi karena tertutup oleh sampah dan juga disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi, maka air meluap,” pungkas Bupati. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top