Iklan Layanan Masyarakat

Cuaca Ekstrem, BPBD Temanggung Imbau Warga Tunda Pendakian Gunung

Selasa, 11 Okt 2022 20:55:32 566

Keterangan Gambar : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung mengimbau agar warga menunda pendakian gunung, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung. Imbauan tersebut disampaikan menyikapi cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Temanggung akhir-akhir ini.


Temanggung, MediaCenter - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung mengimbau agar warga menunda pendakian gunung, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung. Imbauan tersebut disampaikan menyikapi cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Temanggung akhir-akhir ini. 

“Karena dari BMKG ada prakiraan cuaca ektrem, saya mengimbau agar kalau bisa ditunda dulu, menunggu agar cuaca lebih baik, jika tetap mau mendaki harus sangat berhati-hati,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung, Toifur Hadi Wuryanto, saat ditemui di kantornya, Selasa (11/10/2022). 

Toifur juga memastikan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya basecamp untuk melakukan evaluasi bersama supaya bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dalam pendakian.

“Kita bersama basecamp akan mengingatkan kembali panduan-panduan saat pendakian, pengecekan kesehatan para pendaki karena itu adalah faktor-faktor yang sangat penting,” tegasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Toifur juga memastikan jika kondisi dua pendaki Gunung Sumbing atas nama Yusuf Noufal, warga Jepara dan Muhammad Ilham, warga Temanggung yang sempat dievakuasi oleh tim gabungan pada Senin (10/10/2022) kemarin saat mendaki Gunung Sumbing, kini dalam kondisi semakin membaik, keduanya masih dirawat intensif di Rumah Sakit Ngesti Waluyo Parakan dan RSUD Temanggung 

“Yang satu tersesat dan satu kelelahan, maka kita perlu evakuasi, dan kesemuanya kini dalam kondisi baik hanya mungkin masih syok, sehingga masih harus dirawat di rumah sakit,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top