Iklan Layanan Masyarakat

Ciptakan Lingkungan Bersih Narkoba, Petugas Lapas Jalani Tes Urin
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 14 Feb 2019 86
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter Penyalahgunaan serta peredaran Narkoba telah menyerang seluruh lapisan masyarakat dari segala usia serta lintas profesi tak terkecuali di lingkungkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Rabu (13/02) Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Rutan IIB Temanggung dengan maksud menciptakan lingkungan Lapas bebas dari penyalahgunaan Narkoba.

Kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaaan Inpres No 6 Tahun 2018 untuk mewujudkan ASN Bebas Narkoba.

Dalam sidak tersebut, sebanyak 41 orang pegawai Lapas melaksanakan tes urine dengan menggunakan alat rapid tes 8 parameter (COC, MET, AMP, THC, MOP, K2, ETG, BZO) dengan alat tes swadaya/mandiri dari pemohon.

Sedangkan Kepala BNNK Temanggung Renny Puspita dalam wawancara menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal pegawai Lapas sebagai pelayan masyarakat serta teladan di lingkungannya harus bersih dari Narkoba terlebih dulu.

Pihak BNNK Temanggung melakukan tes urine atas permintaan dari pihak Lapas dengan tujuan menciptakan lingkungan Lapas bersih dari Narkoba, dimulai dari lingkungan pegawai Lapas terlebih dulu. Jika ada yang positif, kami serahkan ke pimpinan Lapas.

“Hal ini sebagai langkah awal supaya ada bentuk peringatan dan pembinaan yang tentunya dengan harapan tidak terjadinya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Lapas serta menciptakan Lingkungan Lapas IIB Temanggung yang bersih dari Narkoba dapat terwujud,” terangnya.

“Nantinya, jika seluruh pegawai bersih dari penyalahgunaan Narkoba akan lebih mudah memberantas Narkoba, jika terdapat penyalahgunaan Narkoba didalam lingkungan Lapas,” tegas Renny.

Dengan adanya tes urin ini diharapkan bisa mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba, baik dikalangan pegawai ataupun warga binaan, sekaligus menjadi upaya preventif untuk menciptakan lingkungan Lapas yang bersih dari Narkoba dan dalam rangka program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Rutan IIB Temanggung. “Puji syukur hasil seluruhnya negatif dari indikasi penyalahgunaan narkoba,” papar Renny mengakhiri wawancara. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung, Editor: Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top