Iklan Layanan Masyarakat

[CEK FAKTA] Bukti Ilmiah Penularan Covid-19

Senin, 28 Des 2020 08:31:10 2546

Keterangan Gambar :


Penjelasan :

Telah beredar sebuah pesan berantai WhatsApp berisi petunjuk dari DR.dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P (K) tentang bukti ilmiah terkait penularan Covid-19.

Faktanya, dilansir dari Liputan6.com, DR.dr.Erlina Burhan, MSc, Sp. P (K) mengklarifikasi bahwa isi dalam pesan tersebut adalah bukan tulisannya.

Terkait hubungan golongan darah dengan Covid-19, Cek Fakta Liputan6.com meminta penjelasan dari dr RA Adaninggar, SpPD. Dia menyebut penjelasan dalam pesan berantai tersebut tidak benar. Dalam pesan berantai tersebut ada kata-kata 'pasti selamat', 'akan aman-aman saja', atau 'paling kuat' itu jelas salah. Semua golongan darah punya risiko yang sama untuk terkena Covid-19, lagipula itu baru faktor genetik saja dan faktor genetik itu merupakan faktor kecil dalam mempengaruhi manifestasi penyakit.

Masih ada faktor virus, lingkungan, dan sistem imun lain yang kompleks. Jadi faktor golongan darah saja tidak cukup untuk menentukan kebal tidaknya seseorang pada suatu penyakit. Terkait isi pesan berantai soal seberapa banyak virus Covid-19 yang bisa membuat seseorang terjangkit juga tidak benar. Penjelasan di atas merupakan tingkat penyebaran untuk virus influenza. Hal ini dijelaskan dalam link yang disertakan dalam pesan berantai tersebut.

KATEGORI: HOAKS

Link counter 1

Link Counter 2

Pencarian:

Komentar:

Top