Iklan Layanan Masyarakat

Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Siagakan Pos Pemantauan Covid-19

01 Apr 2020 291

Temanggung, MediaCenter - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah membangun pos pemantauan bagi masyarakat Temanggung yang pulang dari luar daerah/kota. Pos ini berlokasi di Komplek Pujasera di Samping Gedung Eks-Bioskop 4 Dimensi, Jl. Suwandi Suwardi Kowangan, Temanggung. Di pos ini disediakan fasilitas penyemprotan disinfektan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengukuran suhu tubuh serta pendataan identitas warga. Kegiatan ini melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan, PMI Temanggung, Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Tagana Dinas Sosial, dan juga relawan lain dari Organisasi Masyarakat (ORMAS), seperti Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Banser NU. Operasional untuk kegiatan ini dibiayai dari BPBD Temanggung.

Para petugas siaga 24 jam dengan pembagain jadwal menjadi 3 shift. Kegiatan ini sudah dilakukan sekitar  seminggu  dengan posko lama berlokasi di  Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu atau Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Temanggung.

Dari hasil pemeriksaan Senin (30 Maret 2020) beberapa warga diindentifikasi suhu tubuh normal yaitu sekitar 36 derajat Celcius, ada juga beberapa warga yang bersuhu tubuh cukup tinggi yaitu sekitar 38 derajat Celcius, akan tetapi kenaikan suhu tubuh tersebut disebabkan karena beberapa faktor diantaranya kurang beristirahat dan telat makan, sehingga setelah beristirahat hasil pengukuran suhu tubuhnya kembali normal. Kegiatan ini tetap menggunakan prosedur yaitu jarak minimal 1 meter dengan orang yang baru datang.

Warga yang baru datang dihimbau saat sampai di rumah untuk tidak kontak terlebih dahulu dengan keluarga, disarankan untuk mandi, ganti pakaian dan langsung mencuci pakaian yang dipakai. Apabila dalam beberapa hari kedepan ada keluhan batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan, maupun sesak nafas diharapkan langsung memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat. Warga juga dihimbau untuk menghindari kerumunan, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan dan rajin cuci tangan menggunakan sabun.

“Warga yang datang dari luar kota juga di himbau untuk makan makanan yang sehat, tidak bertemu keluarga dulu, cuci tangan sebelum masuk rumah, dan segera mandi dan ganti pakaian sebelum bertemu dengan keluarga” ujar Roni Sucianto salah satu relawan dari Banser NU saat ditemui di posko, Senin (30/03).

Diharapkan dengan adanya pos ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 terutama di Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/Safi;Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top