Iklan Layanan Masyarakat

Cegah Covid-19, Polres Temanggung Populerkan Gerakan Senam Cuci Tangan
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 13 Mar 2020 92
Blog single photo

 

Temanggung-Mediacenter. Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Temanggung, Jawa Tengah menggiatkan gerakan masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyebaran virus Covid-19. Caranya dengan memperagakan enam langkah gerakan cuci tangan berdasarkan standar WHO melalui senam cuci tangan.

Senam cuci tangan dipandu oleh sejumlah Polisi Wanita (Polwan) di halaman belakang Mapolres Temanggung, Jumat (13/3/2020) pagi. Gerakan cuci tangan sembari menggoyang pinggul dan kaki, diiringi musik itu diikuti oleh semua anggota Polres dan Babinkamtibmas. 

Gerakan senam itu menurut Wakapolres Temanggung Komisaris Kelik Budiono direkam dalam video, untuk kemudian diposting ke media sosial. Dengan demikian diharapkan masyarakat akan melihat video tersebut dan tergerak untuk menjaga pola hidup bersih, salah satunya dengan rajin mencuci tangan.

"Enam gerakan cuci tangan inu bermanfaat untuk kesehatan masyarakat, Polres Temanggung mengantisipasi yang sekarang lagi tren, yakni virus corona, untuk kita menjaga hidup sehat,"kata Kelik, Jumat, di Temanggung.

Dijelaskan, untuk gerakan cuci tangan yang diperagakan menggunakan standar WHO, dengan enam langkah. Pertama menggosok sabun ataupun hand sanitizer di telapak tangan dengan durasi waktu kurang lebih 10 detik. Langkah kedua beralih menggosok punggung tangan hingga sela jari-jari, bagian kanan dan kiri secara bergantian. 

Langkah ketiga kembali ke telapak tangan dengan menggosok sela jari. Keempat jari-jari ditangkupkan untuk memberi tekanan bagian dalam jari-jari. Bagian kelima mulai menggosok ibu jari. Terakhir, ujung jari digosokan ke telapak tangan secara bergantian selama minimal 10 detik. 

"Ini tadi sudah diperagakan seluruh anggota Polres Temanggung bersama seluruh Babinkamtibmas, agar setiap babin memviralkan dan mengajak masyarakat mempraktekan agar masyarakat tahu cara pencegahan lebih dini dan terhindari dari virus corona,"ujar Kelik. 

Langkah selanjutnya dalam gerakan masyarakat untuk hidup bersih guna mewaspadai corona, lanjut Kelik, yakni dengan menyediakan hand sanitizer di sejumlah titik pelayanan publik. Pihak Polres Temanggung juga telah membuat poster dan pamflet berisi sosialisasi pencegahan penyebaran virus covid-19, etika batuk dan bersin di muka publik. Semua poster itu akan dipasang di polsek-polsek.

"Kami juga akan menyebar pamflet ke masyarakat,"pungkas Kelik. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top