Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Temanggung Apresiasi Gerakan Muslimat Berbagi

Kamis, 14 Mei 2020 15:40:30 834

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Bupati Temanggung, M. Al Khadziq memberikan penjelasan tentang bantuan bagi masyarakat miskin dan warga yang terdampak Pandemik Covid-19 saat menghadiri pelepasan Muslimat Berbagi di depan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Temanggung, Rabu (13/05/2020).

“Di Kabupaten Temanggung ada 115 ribu keluarga miskin ditambah saat krisis ini banyak orang kehilangan pekerjaan dan penghasilan, banyak kelompok terdampak, maka jumlah keluarga miskin yang sudah tercatat tersebut tentu juga akan meningkat”, ungkap Bupati.

Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat miskin dan masyarakat terdampak Covid-19 yang jumlahnya mencapai lebih dari 150 ribu Kepala Keluarga (KK). Hal tersebut jelas melebihi jumlah warga yang miskin yang sudah tercatat. 

Bantuan untuk 150 ribu KK tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) sejumlah 34.610 KK, Program Sembako Regular sejumlah 45.156 KK, Program Bantuan Sosial Tunai sejumlah 24.002 KK.

M. Al Khadziq menganjurkan untuk tidak perlu cemas bagi masyarakat yang terdaftar apabila sampai saat ini belum mendapatkan bantuan, karena yang sekarang diberikan baru yang Bantuan Sosial Tunai. Setelah ini akan diberikan Bantuan Perluasan Sembako yang nilainya sama dengan Bantuan Sosial Tunai. Kalau Bantuan sosial tunai nilainya 600 ribu rupiah per bulan yang ditransfer ke rekening selama 3 bulan, lain halnya dengan bantuan sembako yang setiap bulan akan ditransfer uang sebesar 200 ribu rupiah yang bisa dipakai belanja di e-Warung terdekat. 

Selain itu masih ada Bantuan Perluasan Sembako sebanyak 29.450 KK, dan apabila masih ada yang belum kebagian lagi, nanti akan diberikan Bantuan Jaring Pengaman Sosial dari Provinsi Jawa Tengah sejumlah 6.965 KK dan nanti akan disusul lagi dengan Jaring Pengaman Sosial dari Kabupaten Temanggung sejumlah 17.839 KK.

“Jadi masyarakat yang hari ini belum menerima BST, tenang saja. Besok njenengan akan kebagian bantuan yang lain”, tambah M. Al Khadziq.

Bupati Temanggung menjelaskan meskipun terdapat bantuan dari berbagai sumber, tetap saja bantuan dari pemerintah ini belum bisa mencukupi kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu kepedulian seperti yang dilakukan Muslimat PCNU ini merupakan contoh baik dan sangat penting untuk meringankan beban masyarakat meskipun nanti sudah mendapat bantuan. (MC TMG/Cahya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top