Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Serahkan Bantuan Bibit kepada Kelompok Ternak

Rabu, 08 Jun 2022 16:31:31 392

Keterangan Gambar : Bupati Serahkan Bantuan Bibit kepada Kelompok Ternak


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung HM Al Khadziq menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas kelompok ternak dan penyerahan bantuan bibit kambing kepada kelompok ternak di Balai Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Rabu (8/6/2022).

Turut hadir mendampingi Bupati, Camat Kaloran Ja'far Khudlori, Forkopimcam Kaloran, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Kepala Desa Kalimanggis Didik Agus Susilo, Kepala Dusun Krajan Jumadi, Badan Perwakilan Desa/BPD Kalimanggis, Kepala Dusun dan Ketua RT se-Desa Kalimanggis, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.

Bupati menyampaikan, bahwa Desa Kalimanggis menjadi contoh di seluruh Kabupaten Temanggung tentang kerukunan dan persaudaraan masyarakat, meskipun berbeda-beda keyakinan, berbeda-beda agamanya, tetapi bisa bersatu, bersaudara dengan sangat baik.

"Semoga saya bisa ketularan menjadi orang baik, seperti orang Kalimanggis, apalagi Kades Kalimanggis ini juga kades percontohan di Kabupaten Temanggung. Kades itu yang penting orangnya jujur, amanah, dan bertanggung jawab terhadap semua masalah yang ada di desa. Kades itu harus pinter bergaul, harus pinter membangun kepercayaan dengan semua pihak," katanya.

Buktinya, Ir.Sujadi (anggota DPR RI) dalam dua tahun memberikan bantuan proyek senilai 8 miliar. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memberikan 400 juta, mendapat aspirasi dari anggota DPRD Kabupaten Temanggung, dengan dinas pemerintah daerah Kabupaten Temanggung juga hubungannya baik. 

"Nek Kadese pinter bergaul, pinter srawung, yang untung masyarakatnya, masyarakate sing seneng, Kades yang baik adalah Kades yang bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai kekuatan politik. Hasilnya dan manfaatnya bagi masyarakat, membangun kepercayaan dan menjalin hubungan dengan semua pihak itu tidak mudah," tegasnya.

Saling menjaga hubungan dan menjaga kepercayaan ini, tidak hanya tugas Kepala Desa, tetapi juga tanggung jawab bersama dengan masyarakat.

Hari ini akan diserahterimakan bantuan ternak dari Pemerintah Desa Kalimanggis kepada masyarakat, berupa bantuan ternak 111 ekor kambing di 37 kelompok ternak di Rukun Tetangga/RT, masing-masing per kelompok RT mendapat 3 ekor, terdiri dari Krajan (7), Jurang (3), Pringwudo (4), Clapar (4), Manguntosari (3), Nglamuk (7), Jagang (1), Kalisat (8).

"Kabupaten Temanggung sangat potensial di bidang peternakan, populasi ternak triwulan satu, kambing jumlahnya 500 ribu ekor, sapi potong 41.994 ekor, sapi perah 344 ekor, domba 406 ribu ekor, kambing 88 ribu ekor," jelasnya.

Kabupaten Temanggung sangat potensial untuk daerah peternakan kambing, pakannya sangat tercukupi, lahannya luas, iklim dan suhunya bagus, dan masyarakatnya rajin, bisa disambi pekerjaan lain, bertani dan berdagang. Dan bantuan kambing ini bantuan produktif bagi masyarakat.

"Memberi bantuan ternak itu sekarang sedang kita giatkan, peternakan rumah tangga, sebagai bagian dari membangun ekonomi tingkat mikro di rumah tangga, berbagai upaya kita lakukan, kemarin kita membuat program tani pekarangan, yang maksudnya biar orang-orang desa bisa mendapatkan sayur tidak usah beli," ungkapnya.

Kita ingin desa-desa mandiri, bisa berproduksi sendiri, tidak tergantung ke kota, membangun kemandirian masyarakat desa.

"Namanya sayur, singkong, beras, jagung, buah, itu bisa diproduksi di desa, ayo kita tingkatkan kemandirian di desa, programnya salah satunya dengan pola tani pekarangan, dan peternakan rumah tangga, indikator kemandirian di desa, orang kota dahulu beli ayam dan telor di desa, nah sekarang terbalik orang desa belinya di kota," katanya.

Bantuan kambing ini mengajarkan masyarakat mandiri dan produktif, bila tingkat kemandirian lebih baik, maka punya daya tahan lebih baik, apapun yang menimpa kita.

Akhirnya, di Temanggung penyakit mulut dan kuku meningkat, sehingga pemerintah menutup pasar hewan sementara untuk mencegah penularan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat, maka pembagian kambing ke RT ini diurus dengan baik, sehingga maksud dan tujuannya tercapai, semoga masyarakat Kalimanggis bisa lebih sejahtera, berkecukupan lahir batin, masyarakat tentrem, panjenengan semua, anak-anak, dan keluarga, migunani bangsa dan negara," pungkasnya. (MC.TMG/sty;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top