Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Resmikan SMA N 1 Parakan Sebagai Sekolah Budaya

Rabu, 21 Des 2022 18:57:27 538

Keterangan Gambar : Bupati Resmikan SMA N 1 Parakan Sebagai Sekolah Budaya


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq meresmikan “Launching Sekolah Budaya SMA N 1 Parakan” yang menjadi komitmen untuk menguatkan profil Pelajar Pancasila, bertempat di SMA N 1 Parakan Kabupaten Temanggung, Rabu (21/12/2022). 

Kepala Dindikpora, Agus Sujarwo, Kepala Dinbudpar, Saltiyono Atmaji, Forkompimcam Parakan, Rektor INISNU, Kepala SMA N 1 Parakan, Aisjah beserta jajaran guru dan seluruh siswa-siswi SMA N 1 Parakan hadir, serta mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi penuh kepada SMA N 1 Parakan yang telah resmi sebagai sekolah budaya di Kabupaten Temanggung. Hal tersebut menjadi tujuan untuk membangun dan mencapai karakter siswa-siswi yang selain cerdas, berilmu tinggi, serta terampil, untuk menjadi kaum profesional dan pemimpin bangsa, juga tidak lepas dari akar budaya sebagai manusia asli Indonesia asal Temanggung, Jawa Tengah.

“Ini yang penting dan harus kita sadari karakter Pelajar Pancasila, jadi ini harus kita tanamkan. Oleh karena itu, siswa sekalian meskipun nanti kalian sudah menjadi pemimpin bangsa, jangan lupa bahwa kalian semua dibesarkan di tengah lingkungan budaya yang ada di Temanggung,” kata Bupati. 

Selanjutnya, kesenian dan kebudayaan yang dapat menjadi perekat masyarakat untuk menjaga kerukunan, menghindari paham radikalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, toleransi sesama umat manusia dan memiliki kesadaran tentang multikulturalisme, dan potensi pengembangan pariwisata, seperti yang dikatakan Bupati, adalah pentingya seni dan budaya untuk Kabupaten Temanggung.

“Dengan kesenian dan kebudayaan menunjukkan betapa tingginya kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Temanggung untuk mengelola dan mengolah karunia alam yang hijau sejuk, gunung-gunung yang megah, dan pemandangan yang indah,” imbuhnya. 

Mengembangkan kreativitas dan mengembangkan karakter asli masyarakat Temanggung untuk kemajuan yang tetap memegang teguh kebudayaan menjadi ajakan Bupati untuk siswa-siswi SMA N 1 Parakan. 

“Semoga kita bisa memajukan siswa-siswi kita dan memajukan Kabupaten Temanggung yang tercinta ini,” harapnya.

Kepala SMA N 1 Parakan menambahkan, membentengi siswa-siswi dari derasnya arus globalisasi dengan berkembangnya pengaruh yang kurang baik dari unsur luar, menjadikan terpilihnya penguatan profil Pelajar Pancasila dengan mengangkat literasi budaya di Kabupaten Temanggung.

“Karena melalui budaya inilah nanti yang akan melandasi untuk menjadi kuatnya karakter para pelajar di SMA N 1 Parakan. Bingkainya adalah menuju pada profil Pelajar Pancasila,” tegasnya. (MC.TMG/wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top