Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Resmikan Gedung Sasana Budaya Bumi Phala

Selasa, 28 Feb 2023 09:11:20 613

Keterangan Gambar : Bupati Resmikan Gedung Sasana Budaya Bumi Phala


Temanggung, Media Center – Bupati Temanggung, HM Al Khadziq meresmikan Gedung Sasana Budaya Bumi Phala (SBBP) Temanggung yang berlokasi di komplek lingkungan Temanggung TV dan DPRKPLH, Sidorejo, Temanggung, Senin (27/2/2023) malam.

Bupati bersama jajaran Forkompimda kali ini berkesempatan memainkan peran dalam pertunjukan ketoprak dengan para pelaku seni dalam peresmian Gedung SBBP, dan disaksikan oleh seluruh pimpinan OPD terkait, tokoh budayawan dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati mengatakan, pembangunan Gedung SBBP tersebut didedikasikan kepada masyarakat sebagai wahana untuk kemajuan dunia seni dan budaya. Adapun Kabupaten Temanggung sangat kaya dengan potensi seni dan budaya, serta masih memelihara tradisi dan merawat kesenian budaya tradisional.

Seperti halnya kesenian Jaran Kepang, Ketoprak, Wayang Kulit, Wayang Orang, Seni Sastra, Seni Pertunjukan, dan Musik dalam dunia seni budaya, baik tradisional maupun kontemporer inilah, yang menjadi tujuan kesepakatan bersama antara Pemkab Temanggung dengan DPRD Kabupaten Temanggung dalam memberikan wadah kesenian dan budaya untuk masyarakat, khususnya di Kabupaten Temanggung.

“Oleh karena itu, pembangunan gedung kesenian ini didedikasikan untuk seluruh masyarakat Temanggung dan bermaksud sebagai wahana untuk kemajuan seni budaya. Alhamdulilah, dalam dua tahun gedung ini dibangun, sekarang sudah diresmikan dan bisa digunakan untuk pertunjukan-pertunjukan seni,” kata Bupati.

Bupati berharap, dengan diresmikannya Gedung SBBP ini, seniman dan budayawan bisa meningkatkan kreasi dan inovasi dalam setiap pertunjukan demi pertunjukan dengan berbagai variasi kesenian dan kebudayaan yang akan disuguhkan untuk masyarakat Temanggung di setiap akhir pekan. 

“Harapan saya nanti di gedung ini pada setiap akhir pekan ada pertunjukan yang nantinya masyarakat dapat ikut menyaksikan, serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seniman dan budayawan atas karya-karyanya dalam pertunjukan demi pertunjukan dengan berbagai variasi kesenian dan kebudayaan,” harapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto menambahkan, dengan memberikan wadah bagi para pelaku seniman dan budayawan untuk mengembangkan bakat seninya, diharapkan hal tersebut dapat mendukung pula peningkatan kunjungan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Temanggung.

Selanjutnya, Yunianto meminta dukungan dan sinergitas kepada seluruh komponen terkait, seperti lembaga vertikal dan institusi yang ada di Kabupaten Temanggung untuk saling asah, asih, asuh dalam mengembangkan seni dan budaya.

“Maka para seniman, seniwati harus kita wadahi dan fasilitasi untuk mereka mengembangkan bakat seninya. Kembali menunjukkan Temanggung adalah kota budaya dan Temanggung adalah peyangga budaya di Jawa Tengah, bahkan di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya. (MC.TMG/wll;nvt;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top