Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Lantik Komite Konservasi Temanggung

Jumat, 08 Okt 2021 16:52:30 699

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq melantik Komite Konservasi Kabupaten Temanggung di Pendopo Pengayoman, Jumat (8/10/2021).


Temanggung, MediaCenter- Bupati HM Al Khadziq melantik Komite Konservasi Kabupaten Temanggung masa bhakti 2021-2026. Komite konservasi ini merupakan mitra Pemerintah Daerah dan berperan sebagai dinamisator partisipasi masyarakat, memberikan pertimbangan kebijakan konservasi, dan akses informasi pada masyarakat.

Komite konservasi juga merupakan wujud nyata dari keterlibatan masyarakat dalam upaya konservasi di Kabupaten Temanggung.

Bupati mengatakan, Komite Konservasi Kabupaten dan dinas terkait agar bekerjasama semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan gerakan konservasi tanah dan air berkelanjutan di Kabupaten Temanggung. Hal tersebut selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mendukung upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup. 

"Kepada anggota Komite Konservasi, Pemerintah sungguh mengharapkan peranan dan sumbangsih anda semua. Kami percaya bahwa anggota Komite Konservasi dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Setelah dikukuhkan tugas sudah menanti, yang intinya masalah konservasi merupakan masalah mutlak yang harus kita laksanakan, mungkin nanti perlu menggali pelibatan publik secara lebih luas lagi untuk menjadi insan-insan penanam pohonnya, CSR perusahaan diarahkan ke konservasi, termasuk memberikan pertimbangan kepada pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat, tentang pentingnya gerakan konservasi," katanya di Pendopo Pengayoman, Jumat (8/10/2021).

Menurut Bupati, persoalan konservasi di Temanggung sangat penting mengingat laju penggundulan, laju erosi luar biasa tinggi, sementara dipihak lain kapasitas Pemkab Temanggung untuk menyelesaikan sendiri masalah konservasi jelas tidak mampu, kalau hanya pemerintah. Oleh karena itu, butuh sebuah komite yang membantu memikirkan, memperjuangkan dan melaksanakan berbagai kegiatan konservasi. 

"Bapak ibu sekalian yang hari ini dikukuhkan sebagai anggota Komite Konservasi adalah yang dipandang sebagai orang-orang yang paling mampu di bidang konservasi, sesuai dengan latar belakangnya masing-masing. Ada berbagai latar belakang, seperti Kiai Anyudi yang selama ini sudah begitu semangat dan sudah bertahun-tahun bekerja sendiri di lapangan sejak menanam pohon sampai pemuliaan berbagai jenis hewan yang sudah mulai langka, dari kupu-kupu sampai kinjeng," katanya.

Adapun yang dilantik adalah Maftuh Anyudi (Ketua), Ardhi Wiji Utomo (Sekretaris), Eni Zuhriyah (anggota), Anis Nugrahanto (anggota), Kurnia A Ti'ullah (anggota), Muhajir (anggota), M Arifin (anggota), Nur Budiman (anggota), Kabul Handoyo (anggota), R Gravita Eka Purnama (anggota). Dhiyan Utama (anggota), Ika Puspitasari (anggota).  

Kepala DPRKPLH Entargo Yutri Wardono mengatakan, senang dengan adanya pembentukan Komite Konservasi yang menjadi mitra. Anggota Komite yang berasal dar berbagai latar belakang diharapkan bisa membawa Temanggung kembali hijau royo-royo.(MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top