Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Apresiasi Peran Umat Buddha di Temanggung

Selasa, 28 Feb 2023 20:21:58 349

Keterangan Gambar : Bupati Apresiasi Peran Umat Buddha di Temanggung


Temanggung, Media Center - Bupati HM. Al Khadziq mengapresiasi peran Umat Buddha di Kabupaten Temanggung, yang selama ini telah berperan positif bagi kerukunan antar umat beragama. Bisa hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain. Hal tersebut dikatakan Bupati, dalam acara selamatan Umat Buddha di Vihara Dhamma Surya, Janggleng, Kecamatan Kaloran, Selasa (28/02/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk wujud syukur masyarakat Kaloran yang sudah bertahun-tahun hidup berdampingan, meskipun berbeda agama. Hal ini merupakan penerapan wujud dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu. 

"Siang ini, Umat Buddha melaksanakan wilujengan, yakni mengungkapkan rasa syukur, atas keberadaan Umat Buddha  yang sudah bertahun-tahun lestari, bisa hidup berdampingan, bersama-sama, bersatu dengan masyarakat lain di Kabupaten Temanggung yang ber Bhinneka Tunggal Ika," katanya. 

Dikatakan, Umat Buddha bisa berdiri bersama-sama dengan umat agama lain dengan damai. Bahkan diyakini Umat  Buddha di Temanggung sudah ada sejak ratusan tahun lalu bisa bersama, hidup berdampingan. Bahkan telah banyak memberikan kemajuan bagi kehidupan masyarakat di Kabupaten Temanggung, sehingga umat Buddha merasa tentram, sama dengan umat-umat agama lain. 

"Tentram dalam hal menjalankan ibadah, selama ini bisa beribadah dengan tenang. Juga selama ini hidup bermasyarkaat dengan totalitas, diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, tanpa perbedaan, tanpa diskriminasi sama sekali. Banyak yang menjadi Ketua RT,  Ketua RW, perangkat desa, menjadi pegawai negeri, menjadi ketua organisasi, menjadi tokoh di berbagai bidang," imbuh Bupati. 

Ditegaskan bahwa Kabupaten Temanggung adalah milik seluruh masyarakat tanpa membedakan, perbedaan agama, warna kulit, golongan, dan tidak membedakan pandangan politik. Inilah yang harus disyukuri, yakni kebhinekaan yang menjadi kekayaan di Kabupaten Temanggung. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas darma baik seluruh Umat Buddha, dalam hidup berdampingan, bersama-sama dengan kelompok masyarakat lainnya. Sekarang saya minta kontribusi Umat Buddha, ayo kita majukan kabupaten ini bersama-sama, sebagai kabupaten yang nyaman untuk semua umat beragama," harap Bupati.(MC.TMG/ari;wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top