Iklan Layanan Masyarakat

Bulan Ramadhan, Polres Temanggung Gencarkan Patroli Sahur

Jumat, 24 Mar 2023 05:02:40 573

Keterangan Gambar : Bulan Ramadhan, Polres Temanggung Gencarkan Patroli Sahur


Temanggung, Media Center - Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M tidak membuat personel Polres Temanggung kendor dalam bekerja. Mereka justru meningkatkan kinerja dengan menggelar Patroli Sahur. 
Pada patroli ini, selain menjaga keamanan dan ketertiban warga, personel juga membangunkan warga untuk ibadah sahur. Sasaran patroli ini tidak hanya di jalan protokol, namun juga pemukiman.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan, kegiatan Patroli Sahur dilaksanakan selama Bulan Ramadhan.

Patroli diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Temanggung dan juga ikut membangunkan masyarakat untuk sahur.

“Petugas membangunkan warga untuk sahur. Petugas berkeliling kota menggunakan mobil patroli. Petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas,” kata Kapolres, Kamis (23/3/2023).

Kasat Samapta AKP Suwondo mengatakan, kegiatan patroli dilaksanakan antara pukul 02.00 – 03.00 WIB. Dikarenakan waktu tersebut biasanya sudah digunakan masyarakat, utamanya ibu-ibu untuk memasak persiapan sahur.

“Ya, kita patroli menjaga ketertiban masyarakat sambil membangunkan masyarakat untuk sahur,” katanya. 

AKP Suwondo menjelaskan, tradisi di Kabupaten Temanggung, masyarakatnya selama bulan puasa Ramadhan antara pukul 19.30 – 21.00 WIB untuk melaksanakan tarawih dan juga tadarus Alqur’an.

Ditambahkan olehnya, setelah itu istirahat dan pukul 02.00 WIB sudah bangun untuk persiapan sahur. Sahur sendiri hingga menjelang subuh.  
Juga menjadi tradisi para pemuda untuk melakukan klotekan untuk membangunkan sahur. Klotekan ini, yakni membangunkan warga dengan tetabuhan seperti kentongan atau memukul kaleng, serta berbagai bebunyian lain.

“Kami dalam operasi sahur dalam beberepa kesempatan bergabung dengan anak-anak muda yang sedang membangunkan sahur," imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa Sat Samapta Polres Temanggung beserta Polsek jajaran Polres Temanggung pada Bulan Ramadhan rutin melaksanakan patroli pada malam hari, utamanya pada jam rawan kejahatan.

Sasaran kegiatan antara lain perbankan, obyek vital, pertokoan, serta pemukiman penduduk dan khusus untuk Bulan Ramadhan pelaksanaan patroli dikombinasikan juga pada saat sahur.

“Kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, dan biasanya menjelang hari raya terjadi kenaikan kasus, maka dari itu polisi hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman,” tandasnya. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top