Iklan Layanan Masyarakat

Bulan Dana PMI Temanggung 2021 Capai RP 1,226 Miliar

Kamis, 02 Des 2021 17:24:10 540

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung HM Al Kadziq Menerima Penyerahan Simbolis, Kamis (2/12/2021)


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesuksesan Bulan Dana PMI Tahun 2021 yang berhasil menghimpun dana Rp 1,226 miliar.

Dandim 0706 Temanggung Letkol CZi Kurniawan Hartanto telah membuktikan kepemimpinan dan mampu bersinergi dengan semua pihak di tahun yang sulit dalam menghimpun dana untuk PMI, sehingga ada kenaikkan dibanding tahun sebelumnya.

Tahun ini, berhasil dihimpun Rp 1,226 miliar. Capaian itu adalah 99 persen dari target Rp 1,242 miliar yang ditetapkan. Namun, dengan capaian tersebut telah meningkat 33 persen dibanding dua tahun lalu, mengingat tahun 2020 tidak ada bulan dana PMI.

Bupati mengatakan, dana yang dihimpun selalu kurang, karena kebutuhan untuk kegiatan kemanusiaan dan kebencanaan meningkat. Apalagi akhir-akhir ini, Temanggung menjadi daerah bencana, seperti puting beliung dan longsor. Dan kini, ada potensi banjir bandang yang ada di depan mata, mengingat laju degradasi alam di gunung-gunung begitu cepat. 

"Pada masa pandemi, PMI menjadi garis terdepan memberikan pertolongan yang tentu membutuhkan banyak dana untuk operasional," kata Bupati.

Bupati menambahkan, pada era sekarang ini, PMI harus berpikir bisa menghasilkan dana di luar Bulan Dana PMI. Kegiatan itu, seperti membuat badan usaha yang mampu menghasilkan uang. 

"Pemkab Temanggung siap mengucurkan dana," tambahnya, sembari mengatakan sumber daya manusia PMI Temanggung mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk menggalang dana non iuran.

Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Temanggung Tahun 2021, Letkol CZi Kurniawan Hartanto mengatakan telah berusaha semaksimal mungkin dalam menggalang dana dari masyarakat.

"Kami telah berusaha sekuat tenaga, tetapi itulah yang dapat dihimpun. Namun Rp 1,226 miliar lebih tinggi 33 persen dibanding pengumpulan dana 2019. Tahun 2020 tidak ada bulan dana PMI," katanya, ditemui disela-sela penyerahan hasil Bulan Dana PMI di Panti Sarwa Guna, Makodim 0706 Temanggung, Kamis (2/12/2021)

Dandim 0706 Temanggung tersebut mengatakan permohonan maaf, karena tidak bisa mencapai target yang ditetapkan. Untuk itu, ia berharap pada ketua Bulan Dana PMI 2022 agar dapat mencapai target yang ditetapkan yakni Rp1,5 miliar. 

Ia mengatakan, untuk ketua Bulan Dana PMI Tahun 2022 adalah Kapolres Temanggung. Melalui jaringan yang luas diharapkan untuk mampu meningkatkan perolehan Bulan Dana PMI, sehingga kemanfaatannya akan lebih banyak. 

Ketua PMI Temanggung, Bambang Dewantoro mengatakan terimakasih pada Dandim yang telah memimpin Bulan Dana PMI Temanggung Tahun 2021. Dana yang diperoleh akan dikembalikan pada masyarakat melalui berbagai kegiatan kemanusiaan yang digelar PMI.

"Semoga tahun depan perolehan dana dari Bulan Dana PMI bisa lebih dari Rp1,5 miliar," katanya.

Ia mengatakan, atas usulan dari berbagai pihak terkait penggalian dana selain Bulan Dana PMI, merupakan usulan produktif. Pihaknya telah merintis penggalian dana itu.

PMI telah mempunyai perencanaan, seperti balai pengobatan dan pendirian apotek di markas PMI. Selain itu, pendidikan atau pelatihan pertolongan pertama kedaruratan di perusahaan, serta susur sungai atau survival siswa.

"Tentu orang tua atau perusahaan mau mengeluarkan uang untuk kegiatan siswa atau karyawannya," pungkasnya. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top