Iklan Layanan Masyarakat

Budidaya Jahe Merah Untuk Tingkatkan Ekonomi KPM-PKH

Selasa, 15 Jun 2021 17:34:48 833

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung H M Al Khadziq memberikan arahan kepada KPM-PKH pada kegiatan Launching Penanaman Jahe Merah di Dusun Growo, Danupayan, Bulu, Temanggung, Selasa (15/6/2021).


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung H M Al Khadziq menghadiri Launching Penanaman Jahe Merah dalam rangka mensukseskan program Mustika Desa,  yang diadakan di Dusun Growo, Desa Danupayan, Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Tim dari Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, Kecamatan Bulu, Jajaran Pemerintah Desa Danupayan, Penyuluh Pertanian, Koordinator PKH, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pendamping Desa serta Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) se-Kecamatan Bulu.

Bupati Temanggung H M Al Khadziq dalam arahannya mengajak kepada KPM-PKH untuk selalu berupaya untuk meningkatkan ekonomi, salah satunya dengan menyisihkan sebagian kecil dari bantuan yang diperoleh untuk diwujudkan dalam kegiatan ekonomi untuk menambah penghasilan.

“Kalau bantuan yang diterima hanya dikonsumsi akan langsung habis, sehingga bisa disisihkan sebagian, salah satunya untuk penanaman jahe merah. Ini hanya salah satu cara, mungkin nanti ada cara-cara yang lain untuk kita cari bersama,” sambung Bupati. 

Tahun depan, Bupati merencanakan untuk melatih para pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH dengan keterampilan tertentu, seperti menjahit, memasak dan laundry yang bisa menjadikan sebagai lapangan pekerjaan.

“Selain pelatihan juga ada bantuan kepada yang dilatih, meskipun dilakukan secara bertahap,” tambah Bupati.

Camat Bulu Panca Pastiyanto mengatakan, dari 19 desa di Kecamatan Bulu, launching penanaman jahe merah baru dilaksanakan di Desa Danupayan, sehingga diharapkan bisa menjadi pilot project percontohan di Kecamatan Bulu.

“Diharapkan penanamannya bisa dikelola dengan baik, dari perawatan dan pemupukan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi PKM-PKH, khususnya di Desa Danupayan,” kata Panca.

Ia melaporkan, saat ini PKM-PKH di Desa Danupayan berjumlah 76. Kegiatan Tani Pekarangan Mustika Desa sudah dianggarkan dari dana desa dengan anggaran senilai Rp 20 Juta untuk sarana prasarana dan bimbingan teknis. 

“Semoga desa lain bisa menyusul dan bermanfaat, disamping untuk peningkatan ekonomi, jahe merah bisa dijadikan sebagai obat tradisional,” pungkasnya. (MC TMG/Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top