Iklan Layanan Masyarakat

Budayakan Hidup Sehat dengan Gelorakan Kembali Germas

Kamis, 02 Mar 2023 19:24:06 363

Keterangan Gambar : Budayakan Hidup Sehat dengan Gelorakan Kembali Germas


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan kegiatan Advokasi Penggerakan Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Temanggung yang bertempat di Jambu Klutuk Resort, Parakan, Temanggung, Kamis (2/3/2023). 

Sekda Hary Agung Prabowo mewakili Bupati, bersama Kepala Dinkes, dr. Intan Pandawangi, narasumber Forkom Germas Provinsi Jawa Tengah, Gunawan Sudarsono beserta tim, Kepala OPD terkait, dan seluruh peserta hadir sekaligus mengikuti kegiatan tersebut. 

Sekda yang membacakan sambutan Bupati, menyampaikan bahwa di tahun 2023 ini adalah langkah awal untuk menggerakkan kembali Germas di tengah-tengah masyarakat, yang tahun-tahun sebelumnya sempat mengalami hambatan, karena pandemi. Germas sendiri berfokus pada penanganan penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, jantung, kanker, diabetes, dan paru kronik.

“Oleh karena itu, tindakan preventif dan normatif itu harus kita lakukan betul supaya paling tidak mengurangi angka kematian di Kabupaten Temanggung. Itu yang harus kita lakukan kedepan, sehingga layak hidup sehat itu bisa tinggi di Kabupaten Temanggung,“ kata Sekda.

Aktivitas fisik seperti olahraga, konsumsi buah-buahan, cek kesehatan secara rutin, dan mengurangi stress adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Untuk itu Sekda berharap, Germas dapat lebih berkembang, memotivasi, dan bisa membangkitkan masyarakat untuk hidup sehat kedepannya.

“Menjaga kesehatan dan cek kesehatan itu sangat penting dilakukan untuk menjaga diri kita supaya selalu sehat dan bisa menjalankan aktivitas dengan baik,” pungkasnya.

Kadinkes menambahkan, meningkatnya kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular inilah yang melatarbelakangi Germas untuk kembali menggalakkan pola hidup sehat di masyarakat, serta meregenerasi kepengurusan Germas di tahun 2023.

“Gerakan hidup sehat, baik cek kesehatan setiap bulan, menjaga pola makan, berolahraga, dan menghindari stress adalah beberapa langkah untuk mencegah penyakit tidak menular,” ungkapnya.

Mengkampanyekan Germas di seluruh lini masyarakat dan mendirikan Pos Pembina Terpadu (Posbindu) yang nantinya akan berkeliling di setiap OPD adalah langkah yang dilakukan oleh Dinkes dalam menanggulangi penyakit tidak menular tersebut.

“Forkom Germas dapat ikut aktif dalam mengkampanyekan hidup sehat, dan untuk masyarakat kita berharap bisa mengikuti pola hidup sehat guna menghindari penyakit tidak menular tersebut,” tandasnya. (MC.TMG/wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top