Iklan Layanan Masyarakat

BPBD Temanggung Minta Warga Waspada Dampak La Nina

Sabtu, 11 Des 2021 05:57:40 487

Keterangan Gambar : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menyiapkan sejumlah langkah antisipasi bencana, akibat dari La Nina  penghujung Tahun 2021, yang mengakibatkan tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Temanggung. 


Temanggung, MediaCenter - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menyiapkan sejumlah langkah antisipasi bencana, akibat dari La Nina  penghujung Tahun 2021, yang mengakibatkan tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Temanggung. 

Badai La Nina merupakan sebuah fenomena cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi. Fenomena ini umumnya berpotensi terhadap munculnya beragam jenis bencana hidrometeorologi, seperti longsor, banjir bandang, angin kencang, jalan licin, pohon tumbang, puting beliung hingga badai tropis.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Temanggung , Toifur Hadi, yang ditemui di kantornya Jumat (10/12/2021) siang mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  musim hujan kali ini akan disertai fenomena La Nina  yang artinya  diperkirakan curah hujan akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya.

“Disamping hujan yang berpotensi banjir,  juga ada angin kencang, longsor  yang perlu kita waspadai, seperti bencana angin kencang yang terjadi di Kecamatan Parakan beberapa waktu lalu. Jadi perlu kita tingkatkan kewaspadaan” terangnya. 

Sebagai langkah antisipasi, Toifur menambahkan, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina  yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung.

”Dari kecamatan tersebut, kita harap bisa diteruskan ke desa-desa, agar bisa menjadi kewaspadaan bersama,” harapnya. 
 
Personel BPBD, SAR dan dibantu TNI, Polri dan petugas lainnya dilibatkan dalam upaya antisipasi penanganan bencana di wilayah Kabupaten Temanggung. Semua personil tersebut siap bergerak untuk melakukan upaya evakuasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top