Iklan Layanan Masyarakat

BPBD dan Relawan Tangani Kerusakan Angin Puting Beliung di Tiga Kecamatan

Sabtu, 18 Mar 2023 17:45:18 307

Keterangan Gambar : BPBD dan Relawan Tangani Kerusakan Angin Puting Beliung di Tiga Kecamatan


Temanggung, MediaCenter - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung dan relawan menangani kerusakan dampak angin puting beliung. Penanganan itu berupa pembukaan akses jalan dan perbaikan kerusakan atap bangunan, bersama TNI dan Polri. 

Diberitakan, angin puting beliung menerpa tiga kecamatan di Kabupaten Temanggung dan mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan rusaknya atap bangunan, diantaranya tempat ibadah, Jumat (17/3/2023).

Kecamatan yang dilanda angin puting beliung yakni Kecamatan Bulu, Temanggung dan Kandangan. BPBD Kabupaten Temanggung melaporkan tidak ada korban jiwa dan luka pada kejadian tersebut.

Kepala pelaksana harian BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi W mengatakan, angin puting beliung terjadi pada Jumat (17/3/2023) siang, bersamaan dengan hujan deras yang terjadi di Kabupaten Temanggung.

"Angin puting beliung ini merusak bangunan, seperti rumah, mushola dan tempat usaha. Kerusakan pada bagian atap," kata Toifur, Sabtu (17/3/2023).

Ia mengatakan, BPBD bersama instansi terkait dan relawan melakukan penanganan. Penanganan itu diantaranya membersihkan puing-puing akibat bencana dan perbaikan awal kerusakan.

Selain itu, petugas juga membuka akses jalan dengan memotong dan menyingkirkan pohon yang roboh ke jalan.

"Kami berhasil membuka akses jalan akibat tertutup pohon tumbang," tambahnya.

Toifur mengatakan, di Kecamatan Bulu angin puting beliung terjadi di Desa Danupayan,  Malangsari dan Pandemulyo.

Di Kecamatan Temanggung angin puting beliung terjadi di Desa Gilingsari. Sementara di Kecamatan Kandangan angin puting beliung terjadi di Desa Baledu, Ngemplak dan Gesing.

Ia menyampaikan, kerugian dari kejadian tersebut mencapai puluhan juta. Petugas terus mendata atas kerugian dan kejadian dari bencana tersebut.

Polres Temanggung menyampaikan, di Kecamatan Bulu total kerusakan rumah sebanyak 17 rumah, kerusakan ini pada bagian atap.

Di Kecamatan Kandangan terdapat lima rumah warga yang mengalami kerusakan pada bagian atap, sedangkan di Kecamatan Temanggung kerusakan antara lain satu gazebo dan atap pemancingan ikan, rumah milik warga, serta merobohkan pohon di sekitar jalan Gilingsari.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan petugas di lapangan bersama TNI, BPBD, dan komponen masyarakat lain membantu warga untuk penanganan pasca bencana.

"Kami membantu warga dengan membuka akses jalan dan perbaikan atap rumah," kata Kapolres. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top