Iklan Layanan Masyarakat

BPBD dan PMI Temanggung Salurkan Bantuan kepada Korban Puting Beliung di Lereng Sindoro

Senin, 31 Mei 2021 14:54:51 616

Keterangan Gambar : Petugas dari BPBD Kabupaten Temanggung menyalurkan bantuan pada korban angin puting beliung.


Temanggung, MediaCenter - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung menyalurkan bantuan berupa logistik pada 15 Kepala Keluarga (KK) di Desa Banaran dan Desa Gunungsari, Kecamatan Bansari Temanggung, yang tempat tinggalnya rusak tersapu puting beliung, Minggu (30/5/2021). 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan bantuan logistik pada korban puting beliung diterima Minggu (30/5/2021) pagi pada masing-masing kepala rumah tangga dengan disaksikan kadus dan tokoh masyarakat setempat. 

"Kami salurkan logistik untuk membantu keluarga korban," kata Totok. 

Pada Minggu (30/5/2021), dilakukan gotong royong yang dilakukan oleh warga, BPBD, relawan, TNI dan Polri untuk membantu perbaikan rumah. Pada Sabtu (29/5/2021) sore, juga dilakukan kerja bakti, yakni usai terjadi angin puting beliung. 

Totok menyampaikan, setidaknya 15 rumah di lereng Gunung Sindoro di Desa Banaran dan Gunungsari, Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung mengalami kerusakkan, akibat terkena sapuan angin kencang, Sabtu (29/5/2021).

Angin kencang disertai hujan deras terjadi sekitar Pukul 14.00 WIB. Warga yang berada di luar rumah, terutama melintas di jalan segera berlindung, karena deras dan kencangnya angin. Dahan dan ranting pepohonan banyak yang patah dan menimpa pemukiman. Sejumlah atap rumah warga rusak, karena sapuan angin yang mengangkat seng dan genteng.

Setelah hujan dan angin reda, hasil pendataan dari pihak kecamatan ada setidaknya 15 rumah yang tersebar di dua desa dan enam dusun yang mengalami kerusakan.

Kerusakan di Dusun Tambaksari, Desa Bansari terdapat 3 rumah rusak, diantaranya rumah seorang relawan di RT 1 RW 2. Di Desa Banaran kerusakan di Dusun Sawit (4), Tegalsari (3), Bangunsari (2), Pringapus (2), dan Dusun banaran (1). Sejumlah keluarga juga mengungsi ke rumah tetangga dan sanak famili.

Staf PMI Cabang Temanggung Andi Alif mengatakan, PMI menyalurkan bantuan pada korban bencana angin puting beliung antara lain berupa beras, mie instan, air mineral dan baby kit.  

" Kami langsung terjunkan relawan untuk ke lokasi guna membantu warga, " kata dia. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top