Iklan Layanan Masyarakat

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter

Senin, 05 Apr 2021 11:10:13 1288

Keterangan Gambar : Peta Prakiraan Tinggi Gelombang. Sumber : BMKG


Temanggung, MediaCenter - Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui Deputi Bidang Meteorologi  menyampaikan telah terjadi Siklon Tropis SEROJA (996 hPa) di perairan Kupang dengan kecepatan angin maksimum mencapai 45 knot yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di wilayah Perairan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Selain itu, kondisi angin signifikan berkisar 20-35 knot terpantau di perairan barat Lampung hingga selatan Jawa Barat juga memberikan dampak terhadap peningkatan tinggi gelombang disekitar wilayah tersebut. 

Dalam siraran persnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Senin (5/4/2021) mengatakan ketinggian gelombang 2.5 - 4.0 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu, perairan selatan Jawa Tengah hingga Pulau Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB, Selat Sumba bagian barat, Perairan selatan Flores, Selat Ombai, dan Laut Flores.

Ketinggian gelombang 4,0- 6.0 meter (Sangat Tinggi) berpotensi terjadi di perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa tengah, Perairan P. Sawu, Perairan Kupang - P. Rotte dan Laut Sawu.

"Sementara untuk ketinggian gelombang lebih dari 6.0 meter atau ekstrem berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan NTT," tegas Guswanto.

Dengan kondisi tersebut, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas dipesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap waspada dan siaga. 

"Kapal atau perahu kecil diimbau untuk tidak memaksakan melakukan aktivitas pelayaran serta diharapkan untuk memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG," pungkasnya. (MC.TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top