Iklan Layanan Masyarakat

BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis

Minggu, 04 Apr 2021 13:01:44 1262

Keterangan Gambar : BMKG mendeteksi adanya dua Bibit Siklon Tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan Bibit Siklon Tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.


Temanggung, Media Center - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya dua Bibit Siklon Tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan Bibit Siklon Tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur. 

 

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Sabtu (3/4/2021) mengatakan, intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam kedepan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia. Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan disebagian wilayah Indonesia.

 

Selain itu juga dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang disebagian wilayah perairan Indonesia.  

 

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan kedepan di sebagian wilayah Indonesia," katanya.

 

Dalam sepekan kedepan 17 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan sedang hingga lebat, yakni:

 

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Sumatra Barat

4. Bengkulu

5. Lampung

6. Sumatra Selatan

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10. Jawa Tengah

11. DI Yogyakarta

12. Jawa Timur

13. Kalimantan Utara

14. Sulawesi Tengah

15. Sulawesi Tenggara

16. Maluku

17. Papua

 

Potensi terjadi hujan sangat lebat diprediksi terjadi di wilayah berikut:

 

1. Sulawesi Selatan

2. Bali

3. Nusa Tenggara Barat

4. Nusa Tenggara Timur

 

Sementara potensi terjadi angin kencang diprediksi terjadi di wilayah berikut:

 

1. Lampung

2. Banten

3. Jawa Tengah

4. DI Yogyakarta

5. Jawa Timur

6. Bali

7. Nusa Tenggara Barat

8. Nusa Tenggara Timur

9. Sulawesi Selatan

 

Untuk potensi terjadi gelombang tinggi lebih dari 4 (empat) meter, diprediksi terjadi di wilayah berikut: Perairan barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan P. Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bag. Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, dan Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Selatan Jawa Barat.

 

Sementara itu, berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak untuk potensi banjir/banjir bandang dalam periode hingga 3 (tiga) hari kedepan dengan kategori siaga berpotensi terjadi di wilayah berikut:

 

1. Sulawesi Selatan

2. Nusa Tenggara Timur

 

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi), dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang," tegas Guswanto. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top