Iklan Layanan Masyarakat

BLK Disiapkan Sebagai Tempat Isolasi

Sabtu, 19 Jun 2021 14:03:07 952

Keterangan Gambar : Balai Latihan Kerja (BLK) di komplek kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung dipersiapkan pemerintah kabupaten setempat sebagai tempat isolasi.


Temanggung, MediaCenter - Balai Latihan Kerja (BLK) di komplek kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung dipersiapkan pemerintah kabupaten setempat sebagai tempat isolasi terpusat ditingkat kabupaten seiring meningkatnya kasus aktif Covid-19. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan BPBD masih mempersiapkan gedung BLK sebagai tempat isolasi atau karantina pasien Covid-19. Persiapan itu, antara lain dengan membersihkan kamar dan melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk pasien.

" Kami terus persiapkan gedung BLK sebagai tempat karantina pasien Covid-19," kata Totok Nursetyanto, Jumat (18/6/2021).

BLK dipersiapkan untuk tempat karantina sekitar 45 orang. Fasilitas yang ada antara lain dapur, kamar tidur berikut almari, kamar mandi dan area terbuka yang bisa digunakan untuk olah raga.

BLK, katanya sebenarnya telah siap menerima pasien Covid-19, hanya saja untuk lebih memantapkan dipersiapkan lebih baik. Agar saat nanti ditempati sudah tidak perlu lagi ada perbaikan yang dirasa kurang.

Ia menambahkan, dahulu BLK pernah dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 diawal pandemi, namun karena kasusnya menurun sehingga tidak ditempati, dan kini dipersiapkan kembali sebagai antisipasi lonjakan dan tempat karantina mandiri di rumah tidak lagi memenuhi.  

Bupati Temanggung M Al Khadziq dalam suatu kesempatan mengatakan sebagai antisipasi lonjakan pasien Covid-19 diperlukan tempat-tempat perawatan selain di RS juga tempat karatina terpusat untuk pasien dengan tanpa gejala. 

" Jika rumah tidak memungkinkan sebagai tempat isolasi mandiri, maka diperlukan karantina terpusat, baik di gedung-gedung pemerintah kabupaten, milik pemerintah desa atau instansi vertikal, itu sedang dipersiapkan," kata Bupati, sembari mengatakan dua gedung yang sedang dipersiapkan adalah BLK dan Gedung Pemuda. 

Infografis Covid-19 di Kabupaten Temanggung, kasus aktif mencapai 322 kasus dengan 248 orang menjalani isolasi mandiri dan 74 pasien dalam perawatan di Rumah Sakit. Hingga saat ini jumlah konfirmasi total 4999 kasus dengan 4450 sembuh dan 227 meninggal. Satgas Covid-19 masih menunggu 1.210 hasil PCR. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top