Iklan Layanan Masyarakat

Bimtek KUBE untuk Tingkatkan Kemandirian

Kamis, 27 Okt 2022 13:18:19 542

Keterangan Gambar : Bimtek KUBE untuk Tingkatkan Kemandirian


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung HM Al Khadziq memberikan pengarahan pada Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ekonomi Produktif, bertempat di Balai Desa Campursari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini diikuti 10 desa se-Kecamatan Bulu yaitu Gandurejo, Wonotirto, Tegalurung, Pakurejo, Wonosari, Danupayan, Pandemulyo, Mondoretno, Tegalrejo, dan Pasuruhan. Masing-masing diwakili 5 orang peserta, terdiri dari usaha kelontong, konveksi, makanan ringan, dan produksi ceriping singkong.

Turut mendampingi Kepala Dinas Sosial Prasodjo, Kabid Linjamsos Dinsos Khabib Jabar, Forkopimcam Bulu, Kepala Desa Campursari Suroto, Pendamping PKH, dan TKSK.

Bupati menyampaikan, yang diundang mengikuti Bimtek adalah KUBE-KUBE gelombang pertama yang dipilih untuk mendapatkan pelatihan dan bantuan permodalan di tahun 2022, pelatihan ini diberikan memang khusus bagi KUBE di lingkungan Penerima Manfaat PKH.

"Ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti dalam yel-yelnya, yaitu mandiri dan sejahtera," tegasnya.

Peningkatan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Temanggung, melalui  pemberian Bansos, Santunan Kematian (SanKa), dan KUBE PKH. 

SanKa ini prinsipnya cepat, segera anggota keluarga yang meninggal dunia diurus akte kematiannya dan diberikan penuh tidak ada potongan. Diurus ke SLRT Dinsos Kabupaten Temanggung.

"Santunan kematian sudah berlangsung empat tahun, setiap ada warga tidak mampu meninggal dunia mendapatkan satu setengah juta rupiah. Itu dilakukan karena pemerintah mengetahui bahwa setiap ada kematian 'kesripahan' itu pasti biaya besar. Untuk menyuguh tamu dan mengurus jenasah, sedangkan uang sumbangannya tidak seberapa. Uang ini untuk meringankan beban warga masyarakat tidak mampu ketika ada anggota keluarga yang meninggal dunia," jelasnya.

Adapun untuk pemberdayaan usaha ekonomi produktif, masing-masing KUBE PKH mendapatkan sepuluh juta rupiah.

"Modal ini harus utuh tidak boleh dicuil dan terus dikembangkan, oleh narasumber akan dibekali bagaimana cara usaha di desa dan mengelola keuangan. Kita harus disiplin. Dengan harapan pelatihan ini menjadi titik awal KUBE-KUBE memulai usaha, dari situlah akan mandiri dan sejahtera," katanya.

Ide dan gagasan harus dituangkan dalam rencana bisnis/usaha, dihitung pula resikonya dan peluang ke depannya.

"Harus disiplin agar modal itu berkembang, itulah dalam Bimtek ini diwakili lima orang. Sehingga bisa mengkoordinir  dua puluh orang anggota yang lain, dan bisa memberikan pemahaman bahwa modal ini untuk kepentingan KUBE, bisa berkembang. Moga-moga dadi wong sugih kaben," tandas Bupati. (MC.TMG/sty;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top