Iklan Layanan Masyarakat

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan dengan Bagikan Sayuran Segar

Rabu, 20 Apr 2022 09:50:36 641

Keterangan Gambar : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) bersama kelompok Tani Muda Sejahtera Dusun Nglaranagn berbagi sayuran


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) bersama Kelompok Tani Muda Sejahtera dari Dusun Nglarangan, Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, melakukan kegiatan berbagi sayuran di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi, di seputaran Tugu Jam dan Monumen Pancasila, Temanggung, Selasa (19/4/2022).

Hadir dalam acara ini, Kepala DKPPP Joko Budi Nuryanto, Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Sumarno, Penyuluh Pendamping Husnul Khatimah, Ketua Gabungan Kelompok Tani, Anton Budiono, dan anggota kelompok tani.

Joko Budi Nuryanto menyampaikan, bahwa acara ini murni amal dari salah satu kelompok anak muda milenial 'Muda Sejahtera' yang bergerak mengelola pertanian sektor hortikultura.

"Ada cabe dan sayuran, ini bentuk rasa syukur mereka. Hasil panen mereka yang tahun ini cukup lumayan, dan bukan karena tidak laku, niat amal di bulan puasa ini, dan merayakan Idul Fitri," ungkapnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga untuk mengenalkan produk sayuran lokal Temanggung kepada masyarakat.

"Di Temanggung sendiri ada banyak produk sayuran yang cukup berkualitas, kita tidak perlu kuatir stok ketersediaan pangan, dan mutu pangan. InsyaAllah, kita sudah bisa mencukupi dari produk lokal kita sendiri," imbuhnya.

Muhyani, koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan Ngadirejo menyampaikan, bagi-bagi ini sudah dilaksanakan tiga kali, yaitu pertama di Kecamatan Ngadirejo, tahun 2020 di perempatan BCA Temanggung dan tahun ini dilaksanakan di seputaran Tugu Jam.

"Ini merupakan salah satu kepedulian dan pengabdian petani kepada masyarakat, ini lebih tertata dan jumlah yang diberikan lebih banyak, ini juga pendukung gerakan food estate di Temanggung," jelasnya.

Anton Budiono menjelaskan, membawa 1500 bungkus, ada kobis, sawi, cabe, tomat, bawang, dan wortel, dan ini menjadi agenda tiap tahun di bulan Ramadhan.

"Kami di kelompok tani ini mempunyai 30 anggota, ide dan inisiatif, karena kami adalah petani. Kita petani bisa memberikan dan bisanya membagi ya sayuran ini. Semoga menjadi amal ibadah di bulan Ramadhan ini, dari Temanggung untuk Indonesia," ungkapnya.

Ester (63) warga Dongkelan Lor, Kelurahan Jampiroso, sangat senang adanya pembagian sayuran di seputaran tugu jam ini.

"Awalnya saya mau niat membeli, kok sore-sore ada yang membagikan sayuran dikemas plastik apik dan resik, seger pula dan ijo-ijo, terima kasih ya mas, sering-sering ya," pungkasnya.
(MC.TMG/sty;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top