Iklan Layanan Masyarakat

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Pelajar Cuci Sang Merah Putih Secara Massal

Kamis, 04 Agu 2022 16:50:46 590

Keterangan Gambar : Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Pelajar Cuci Sang Merah Putih Secara Massal


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung diwakili Kepala Dindikpora Agus Sujarwo hadir dalam kegiatan Pencucian Bendera Merah Putih Secara Massal, kolaborasi antara SMK Bhumi Phala Parakan, Dindikpora, dan Kemenag Temanggung, dengan tema Sekolah Pulih, Negara Bangkit, di Taman Kota, Parakan, Temanggung, Kamis (4/8/2022).

Kegiatan menggelorakan jiwa proklamasi kemerdekaan ini diikuti 3432 siswa SD, SMP, MTs, MA, SMA, dan SMK Bhumi Phala Parakan. Air yang digunakan untuk mencuci bendera merah putih diambil dari tujuh sumber mata air, yaitu dari Sendang Situk, Tuk Budaya, Liyangan, Tuk Pringapus, Sendang Sidukun, Umbul Jumprit, dan Tuk Mulya.

Prosesi pencucian bendera merah putih juga dihadiri perwakilan Forkompimda, Forkopimcam Parakan, Lurah dan kepala desa se-Kecamatan Parakan, kepala sekolah, guru dan siswa, serta tamu undangan. Dimeriahkan pula pagelaran seni dari siswa-siswi sekolah yang berpartisipasi di kegiatan ini.

Agus Sujarwo dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk penyemangat mengingat jasa para pahlawan dan menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan karakter jiwa Pancasila, serta semangat mewujudkan profil pelajar Pancasila.

"Kenikmatan untuk merayakan kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, maka hari ini kita tandai untuk bersemangat bersama-sama mencuci Bendera Merah Putih, bendera yang sangat kita banggakan, bendera yang diraih oleh pahlawan, dengan segala perjuangan,  mengorbankan harta, jiwa, dan raga," katanya.

Riyadi Kaunaen, anggota DPRD Kabupaten Temanggung menyampaikan pandangannya bahwa yang dilakukan SMK Bhumi Phala Parakan, Dindikpora, dan Kemenag, dari sisi legislatif sangat mendorong, mendukung, serta mengapresiasi langkah luar biasa ini.

"Tahun 2045 adalah tahun generasi emas, kegiatan ini merupakan satu tonggaknya, dan harus dimulai dari sekarang, generasi kita harus tahu sejarah dan wajib mengenang jasa pahlawan bangsa Indonesia, terutama sejarah adanya Bendera Merah Putih, harapannya akan tumbuh spirit, optimisme, nasionalisme yang tinggi di hati dan jiwa anak-anak kita," tandasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top