Iklan Layanan Masyarakat

Awal Ramadan, Permintaan Daging Sapi Turun

Sabtu, 09 Apr 2022 15:39:01 755

Keterangan Gambar : Jumlah sapi yang disembelih di RPH saat Ramadan ini berkurang seiring dengan menurunnya permintaan dari masyarakat


Temanggung, Media Center – Kepala UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pasar Hewan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Antik Choiriyah mengatakan jumlah sapi yang disembelih di RPH saat Ramadan ini berkurang seiring dengan menurunnya permintaan dari masyarakat sendiri. 

Saat hari biasa, para jagal bersertifikasi yang ada di RPH bisa memotong hingga 5 ekor sapi, namun saat ini hanya 2 hingga 3 ekor per hari.

“Ya kalau bulan Ramadan setiap tahunnya memang seperti ini. Jumlah sapi yang dipotong jagal jadi berkurang juga,” katanya, Sabtu (9/4/2022). 

Daging sapi yang telah dipotong tersebut biasa didistribusikan ke Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, dan sebagian kecil lainnya ke wilayah Kabupaten Wonosobo dengan kisaran harga Rp110.000 hingga Rp120.000 per kilogram tergantung kualitas daging.

Namun demikian, berdasar data tahun sebelumnya jumlah permintaan mendekati hari raya Lebaran akan jauh lebih tinggi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut juga berdampak pada jumlah sapi yang dipotong di RPH tersebut.

“Prediksi kami sama seperti tahun lalu. Sesuai data kemarin, H-2 Lebaran itu puncak permintaan dan RPH bisa menyembelih hingga 35 ekor. Sedangkan H-1 nya 25 sampai 30 ekor,” imbuhnya.

Lebih jauh, Antik mengungkapkan bahwa untuk menjamin kesehatan konsumen, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan kesehatan secara ketat terhadap hewan-hewan yang masuk sebelum disembelih dan dagingnya terdistribusi. Upaya ini akan semakin diperketat saat mendekati hari raya besok mengingat tingkat konsumsi masyarakat mengalami peningkatan signifikan.

“Pemeriksaan meliputi ante mortem dan pos mortem sebelum dan sesudah dipotong. Kalau pada daging ditemukan cacing hati Fasciola sp, maka akan kami sortir. Termasuk pengecekan usia hewan. Sapi betina harus tidak produktif saat disembelih,” pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top