Iklan Layanan Masyarakat

ASN Temanggung dan Keluarganya Dilarang Mudik

Kamis, 29 Apr 2021 14:44:33 629

Keterangan Gambar : Ilustrasi mudik.


Temanggung, MediaCenter- Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah beserta keluarganya dilarang bepergian ke luar daerah selama masa larangan mudik dari pemerintah menjelang Hari Raya Idul Fitri diterapkan. Hal ini guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Adanya aturan tersebut menurut Wakil Bupati (Wabup) Temanggung Heri Ibnu Wibowo seiring dengan adanya larangan mudik bagi masyarakat yang telah diterbitkan pemerintah pusat. Dengan demikian aturan tersebut berlaku merata bagi semua warga.

Namun, menurut Wabup, bagi pegawai yang harus melakukan perjalanan dinas ke luar daerah untuk tugas yang penting masih diperbolehkan. Akan tetapi, yang bersangkutan harus terlebih dahulu menyerahkan surat tugas dari Kepala Perangkat Daerah. 

"Sebelum surat tugas diserahkan, yang bersangkutan juga harus mendapat ijin tertulis dari pejabat pembina pegawai," ujar Wabup, Kamis (29/4/2021).

Pada masa larangan mudik Tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021, pegawai ASN juga tidak boleh mengajukan cuti. Cuti bagi ASN hanya diberikan, jika yang bersangkutan memang sakit atau cuti melahirkan.

Aturan larangan mudik dan keluar daerah bagi warga dan ASN, menurut Wabup, selain sejalan dengan aturan pusat, juga telah didasarkan pada pertimbangan pengalaman Tahun 2020 lalu, yaitu paska liburan Idul Fitri terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 sebesar 568 persen di Temanggung. Hal itu karena tingginya mobilitas masyarakat selama libur lebaran dan banyak warga yang mudik.

Trend peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Temanggung juga sempat terjadi paska libur panjang 20-23 Agustus tahun lalu sebesar 8 persen. Peningkatan angka kasus konfirmasi Covid-19 juga terjadi paska libur panjang 28 Oktober hingga 1 November tahun lalu sebesar 104 persen. Serta libur Natal dan Tahun baru sebesar 206 persen.

"Belajar dari pengalaman tersebut, kita berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian agar kasus Korona tidak meningkat lagi dan pandemi segera berakhir," pungkas Wabup. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top