Iklan Layanan Masyarakat

APTI Temanggung Dorong Petani Tembakau Manfaatkan Teknologi

Selasa, 30 Mar 2021 22:02:46 972

Keterangan Gambar : Sarasehan digelar di salah satu rumah makan di Kota Temanggung, Selasa (30/3/2021 ).


Temanggung, MediaCenter - Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Petani Tembakau Indonesia ( DPC APTI ) Kabupaten Temanggung mendorong petani tembakau di Kabupaten Temanggung untuk lebih mengenal dan memanfaatkan teknologi, sehingga hasil panen tembakau bisa lebih mensejahterakan para petani. Salah satu bentuk dorongan tersebut dilakukan dengan menggelar sarasehan dengan mendatangkan sejumlah praktisi dari berbagai institusi, diantaranya BMKG dan pakar dari perguruan tinggi.

Sarasehan sehari bertema "Menyemai Harapan Dimusim Peralihan" digelar disalah satu rumah makan di Kota Temanggung pada Selasa (30/3/2021 ) dihadiri Wakil Bupati Temanggung R Heri Ibnu Wibowo, Pengurus APTI Nasional, APTI Jawa Tengah dan APTI Kabupaten Temanggung. Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung, analis cuaca dari BMKG Jawa Tengah, serta praktisi dari UGM dan IPB.

Menurut Ketua DPC APTI Kabupaten Temanggung, Siamin, sarasehan yang berlangsung sehari diikuti oleh anggota Gapoktan dari 14 kecamatan. Tujuan sarasehan ini adalah mengenalkan teknologi kepada petani tembakau di Kabupaten Temanggung.

“Petani tembakau harus lebih mengerti cuaca, selama ini petani tembakau hanya berdasarkan ilmu “ titen “, untuk itu disarasehan ini kita datangkan pakar cuaca dari BMKG Jawa Tengah, harapannya petani tembakau lebih paham dengan iklim, jadi nantinya lebih pas melihat cuaca saat menanam dan memanen,” katanya.

Ditambahkan oleh Siamin, sarasehan ini juga mengundang praktisi dari sejumlah perguruan tinggi untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada petani di Temanggung soal produk tembakau selain rokok.

"Produk tembakau selain rokok ini sebenarnya potensinya sangat besar. Jadi harapannya potensi ini bisa digarap oleh petani lokal. Sehingga mampu memberikan dampak kesejahteraan bagi petani," ujarnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung yang hadir sekaligus membuka sarasehan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi acara sarasehan yang diselenggarakan APTI Temanggung, kedepan APTI Temanggung dengan pengurus baru bisa menjadi jembatan bagi petani tembakau agar lebih sejahtera.

“ APTI Temanggung juga diharapkan bisa berkomunikasi dengan sejumlah pabrikan rokok, harus bisa mengkomunikasikan jenis gradenya seperti apa, kualitas seperti apa, dan harganya berapa, sehingga petani benar-benar diuntungkan, APTI juga harus mampu melakukan teroboson-terobosan dengan pabrikan kecil agar bisa membeli tembakau di Temanggung,” harap Wabup.

Selain dengan pabrikan, Wabup juga berharap agar APTI bisa bekerjasama dengan akademisi untuk melakukan penelitian.

“Selain untuk bahan baku rokok, tembakau juga bisa dijadikan bahan baku lainnya, seperti diekstrak untuk diolah menjadi nikotin cair untuk vape ,” pungkas Wabup. (MC TMG/Bima;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top