Iklan Layanan Masyarakat

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023: Mudik Aman dan Berkesan

Senin, 17 Apr 2023 19:38:29 306

Keterangan Gambar : Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023: Mudik Aman dan Berkesan


Temanggung, Media Center - Kepolisian Resort (Polres) Temanggung melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 dengan tema "Mudik Aman dan Berkesan" yang bertempat di Halaman Mapolres Temanggung, Senin (17/4/2023). 

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo berkesempatan menjadi Inspektur apel. Turut hadir, Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, Dandim 0706 Temanggung, Letkol Inf Denver M.H. Napu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Temanggung, Dyan Martha B.N, Perwakilan Kejaksaan Negeri Temanggung, OPD terkait dan seluruh lapisan pasukan yang terlibat. 

Wabup mengatakan, selain membentuk sinergitas dengan Forkompimda Temanggung dalam persiapan mudik tahun 2023 dan arus balik nantinya, Pemkab Temanggung juga turut menerjunkan personel yang masing-masing berasal dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.

Membantu keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di beberapa posko pemantuan dan pelayanan menjadi tugas personel yang diterjunkan dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Sementara di posko kesehatan, terdapat petugas kesehatan yang siap siaga di masing masing Puskesmas dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Akses lalu lintas yang kemarin terkena bencana alam longsor sudah ditanggulangi dan disiapkan alat-alat untuk bisa membantu, jika nantinya terjadi bencana kembali, bisa langsung dioperasionalkan, sehingga tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas,” ungkap Wabup. 

Kapolres menambahkan, dua pertiga kekuatan dari Polres Temanggung ditambah dengan 250 personel dari unsur tambahan, seperti Ormas dan organisasi lainnya, terbagi dalam 2 (dua) Pos Pengamanan (Pospam) yang bertempat di depan RSK Parakan dan Pertigaan Kranggan, kemudian Pos Pelayanan (Posyan) di rest area Pringsurat dan Pos terpadu di Tugu Jam Temanggung.

“Arus mudik tahun 2023 akan terjadi luapan yang luar biasa, kami akan mengadakan rekayasa lalu lintas di dua titik. Yang pertama dari arah Pringsurat menuju Kranggan, jika dalam situasi krowdit, macet, kami larang belok kanan menuju Temanggung, namun kita arahkan ke kiri kemudian putar balik dan lurus,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, untuk arus kendaraan dari Secang ke arah Pringsurat akan dilarang untuk belok kanan, tetapi diarahkan lurus dan putar balik di sekitar jenggul Kali Progo, maupun di depan Mapolres. Kemudian sebaliknya, dari Temanggung kota tetap boleh lurus dan belok kiri.

“Kemudian yang kedua, adalah dari Bulu kita larang belok kanan ke Kedu, tetapi kita belokkan kiri arah Parakan dan putar balik di Tugu Galeh baru nanti ke arah Kedu. Dari arah Parakan kami larang belok kanan arah Bulu, tetapi kita luruskan dan putar balik di depan pom bensin ke arah Bulu,” terangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemberitahuan dalam bentuk media cetak juga diaplikasikan guna memudahkan masyarakat dalam memahami rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional dan akan diterapkan, jika memang diperlukan untuk mengurai kemacetan lalu lintas. 

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti hasil Operasi Cipta Kondisi Ramadhan dan Operasi Pekat, seperti minuman keras, petasan, knalpot brong, dan barang bukti lainnya. (MC.TMG/wll;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top