Iklan Layanan Masyarakat

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Tim Gabungan Sidak Rutan

Rabu, 22 Sep 2021 12:12:11 573

Keterangan Gambar : Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua B Temanggung disidak oleh tim gabungan Satuan Narkoba Polres Temanggung dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung, Selasa (21/9/2021) siang.


Temanggung, MediaCenter - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua B Temanggung disidak oleh tim gabungan Satuan Narkoba Polres Temanggung dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung, Selasa (21/9/2021) siang. Petugas melakukan penyisiran dalam rutan dengan sasaran Narkotika dan senjata tajam.

“Tujuan sidak ini adalah memantabkan tugas pokok fungsi kami apakah sudah dilakukan dengan baik dan benar,” kata Plt Kepala Rutan Temanggung, Endus Santoso, saat ditemui disela-sela sidak.

Ia menambahkan, sidak ini juga memastikan agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir, seperti penyalahgunaan Narkoba dan obat-obatan.

“Yang kita tes urine seluruh pegawai rutan sejumlah 40 orang dan warga binaan sebanyak 39 orang,” terangnya.

Sidak ini dilakukan sebagai langkah pencegahan, bukan karena adanya dugaan ada narkoba di Rutan Temanggung. Pihaknya berkomitmen, melaksanakan langkah nyata dalam rangka perang melawan narkoba dengan melaksanakan tes urine secara periodik dan melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum terkait.

“Tujuan kami memastikan aparatur yang bekerja di sini memang layak bertugas. Langkah yang kita ambil ini untuk pencegahan, karena pencegahan lebih kita utamakan daripada pengobatan,” tandasnya.

“Hasilnya alhamdulillah negatif semua, apabila ada anggota kami yang terindikasi penyalahgunaan akan kita lakukan tindakan proses pembinaan,” imbuhnya.

Sementara itu, sebelum tes urine dilakukan, BNNK dan pihak rutan melakukan penggeledahan di sel tahanan. Dari penggeledahan ini, beberapa jenis barang yang dilarang disita petugas. Seperti korek api, paku, hingga batang sikat gigi yang ditajamkan. Setelah diamankan, barang tersebut akan dimusnahkan, sedangkan pemiliknya akan diberi pembinaan. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top