Iklan Layanan Masyarakat

Membangun Temanggung Dengan Data
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 02 Des 2017 158
Blog single photo
"

Temanggung, MediaCenter – Kemarin Selasa (28/11), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung menggelar Pembahasan Data Publikasi Temanggung Dalam Angka Statistik Kabupaten Temanggung tahun 2017 dengan tema “Membangun Temanggung dengan Data” yang dilaksanakan di Kampung Sawah Resto Temanggung.

Dalam acara tersebut bertindak sebagai narasumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Ir. Sigit Suliantono dan Kepala Bidang Statistik Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Inarni Nur Dyahwanti, S.Pt, M.Si.

Ketika memberikan materinya, Sigit Suliantono menyampaikan bahwa Dinkominfo dan BPS telah bersinergi dalam membuat, mengolah dan menyajikan data statistik di Kabupaten Temanggung, meliputi nilai tukar petani, indeks harga konsumen, produk domestik regional bruto, indikator kesejahteraan rakyat, analisis situasi pembangunan manusia dan survey Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Dalam memberikan data diharapkan tidak terjadi kesalahan sedikitpun, karena jika terdapat kesalahan walau hanya sedikit akan menjadi fatal, sehingga kebijakan tidak tepat, pembangunan tidak berhasil, tidak bermanfaat, dan akan timbul kerugian atau bencana”, lanjutnya.

Sedangkan Inarni Nur Dyahwanti yang juga menjadi narasumber pada acara tersebut berpesan kepada pihak-pihak yang mendapatkan amanah untuk memberikan data agar selalu memperhatikan validitas data.

Realitas yang terjadi, kepemilikan data di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau lembaga menggunakan metode pengumpulan yang berbeda-beda, sehingga sering terjadi perbedaan data, serta semua pihak merasa datanya paling benar. “Agar seluruh data yang masuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya tanpa mengurangi dari keaslian data tersebut”, paparnya.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini mampu mempersamakan persepsi, klarifikasi data, kevalidan data, menetapkan sumber data yang diakui atau dipakai bersama, dan dapat duduk bersama membahas suatu data untuk memperoleh satu tujuan yaitu membangun Temanggung dengan data yang sebenar-benarnya”, tegasnya. (MC TMG/Penulis: Agung; Foto: Zizi; Editor: Ekape)

"

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top