Iklan Layanan Masyarakat

867 PPS se-Kabupaten Temanggung Resmi Dilantik

Selasa, 24 Jan 2023 16:05:54 701

Keterangan Gambar : 867 PPS se-Kabupaten Temanggung Resmi Dilantik


Temanggung, Media Center – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung bersinergi dengan Pemkab Temanggung melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan se-Kabupaten Temanggung dalam pemilihan umum tahun 2024 bertempat di Alun-alun Temanggung, Selasa (24/01/2023).

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, Ketua DPRD Yulianto, Ketua KPU Temanggung M. Yusuf Hasyim, Komisioner KPU Temanggung, Forkompimda, Camat, Kepala Desa, Kepala Perangkat Daerah terkait, perwakilan dari partai politik dan tamu undangan hadir dalam kegiatan tersebut.

Pengambilan sumpah janji dilaksanakan kepada 867 anggota PPS di seluruh Kabupaten Temanggung yang akan bertugas di 289 desa/kelurahan dan siap untuk menyambut Pemilu tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Al Khadziq ketika memberikan statement.

“KPU sudah membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS, sedangkan Bawaslu sudah membentuk Panwascam, dengan berharap, Pemilu nantinya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti,” kata Bupati.

Pemkab Temanggung beserta dengan DPRD berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Pemilu 2024, dari segi penyediaan sarana dan prasarana, penyediaan personel dan juga penyediaan data pemilih.

“Pemkab dan DPRD juga menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk Pemilu, senilai kurang lebih 70 miliar, dengan setiap tahun kita sisihkan dari APBD, guna untuk mendukung Pemilu 2024 ini. Semoga dengan anggaran tersebut tercukupi, karena sampai sekarang juga belum ada ketentuan yang pasti dari KPU pusat terkait biaya atau porsi anggaran yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.

Ketua DPRD Yulianto membenarkan yang disampaikan oleh Bupati, bahwa Pemkab Temanggung dan DPRD menyiapkan anggaran senilai 70 miliar, namun demikian tidak menutup kemungkinan nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan Ketua KPU Temanggung.

“Nanti ada koordinasi apakah betul 70 miliar ini akan kita peruntukan untuk kegiatan Pemilu, namun jika ada efisiensi-efisiensi lebih sedikit atau pengurangan-pengurangan yang tidak mengurangi dari totalitas Pemilu, maka Pemda, DPRD dan KPU sepakat untuk melakukan elabosari terkait dengan efisiensi anggaran, supaya angaran ini bisa digunakan untuk kegiatan lainnya,” jelasnya.

Ketua KPU Temanggung M. Yusuf Hasyim mengungkapkan, bahwa pelantikan PPS secara serentak ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa secara sisi penyelenggaraan SDM, baik dari PPK dan PPS sudah sangat siap untuk menyambut Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di desa, sehingga setelah PPS ini dilantik, kemudian koordinasi dengan kepala desa, karena Pantarlih ini sangat krusial berkaitan dengan data pemilih,” tandasnya. (MC.TMG/Tfa;Ds2;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top