Iklan Layanan Masyarakat

65 Ribu Lansia Temanggung Akan Divaksin Covid -19

Rabu, 10 Mar 2021 16:13:06 805

Keterangan Gambar : Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Sasaran prioritas tahap dua vaksinasi di Kabupaten Temanggung berubah dari semula  pelayanan publik kini difokuskan untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Data di Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) ada sekitar 65 ribu lansia di Kabupaten Temanggung yang akan mendapat prioritas vaksin Covid-19.  

Pelaksanaan vaksin tahap dua di Kabupaten Temanggung hingga saat ini terus berlangsung, dari data di  Dinas Kesehatan  saat ini jumlah sasaran yang telah tervaksin adalah untuk tahap pertama untuk tenaga kesehatan untuk dosis pertama sebanyak 2849 untuk dosis kedua sebanyak 2635, sedangkan untuk  tahap dua yang untuk pelayanan publik mencapai 5433 orang dan lansia 101 orang.  

Sekretaris Dinas Kesehatan, Khabib Mualim yang ditemui di Pendopo Pengayoman saat meninjau pelaksanaan vaksin untuk tahap kedua, Selasa siang (9/3/2021) mengatakan sesuai instruksi dari pusat untuk sasaran tahap dua ini berubah yang semula diprioritaskan untuk pelayanan publik diubah untuk lansia dan perangkat desa.

“Sesuai data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ada sekitar 65 ribu lebih lansia di Kabupaten Temanggung yang menjadi sasaran vaksin, sedangkan untuk perangkat desa mencapai 5000 orang,“ katanya. 

Ditambahkan oleh Khabib, pelaksanaan vaksin untuk lansia akan dimulai pada Senin pekan depan di 26 Puskesmas yang ada di Kabupaten Temanggung,  dan akan dilakukan secara bertahap  sesuai dengan jumlah kedatangan vaksin.
“Kita kemarin menerima 1040 vaksin untuk sekitar 2000 lansia dan 3000  perangkat desa, kita akan prioritaskan untuk umur 60 hingga 75 tahun terlebih dahulu, mengingat faktor mobilisasi dan daya tahan tubuh, baru setelah itu untuk yang umur diatas 75 tahun,” terangnya. 

Pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk lansia ada dua mekanisme, yaitu melalui aplikasi agar bisa mendaftar secara langsung dan yang berdasar data dari Dindukcapil kemudian dibagikan ke Puskesmas untuk didata dan dipilah untuk kemudian diundang. (MC TMG/Dian;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top