Iklan Layanan Masyarakat

6,4 Miliar Bantuan Dana Hibah, Untuk 207 Kelompok Seni di Temanggung

Selasa, 07 Jul 2020 18:33:42 629

Keterangan Gambar :



 
Temanggung, MediaCenter – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung akan memberikan bantuan berupa Dana Hibah sebesar 6,4 Miliar kepada 207 kelompok kesenian di Kabupaten Temanggung.
Dalam dua hari terakhir, Senin dan Selasa (6-7/7/2020), Bidang Kebudayaan Dinbudpar Kabupaten Temanggung melaksanakan Desk Proposal dan Persyaratan Pengajuan Pencairan Bantuan Dana Hibah Kesenian Tahun 2020 di Graha Bumi Phala Kabupaten Temanggung.
Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinbudpar Kabupaten Temanggung, Totok Purwanto menjelaskan bahwa pelaksanaan desk tersebut akan diperpanjang hingga Hari Kamis 9 Juli 2020.
“Karena masih banyaknya kelompok kesenian yang belum melengkapi persyaratan yang diminta untuk pengajuan dana hibah kesenian tersebut,” jelasnya.
Totok juga menambahkan pihaknya akan melaksanakan seleksi secara ketat dan teliti, namun juga tidak menyulitkan para pelaku kesenian yang mengurus dana tersebut guna kemajuan kelompok seninya masing-masing.
Sedangkan dalam sambutan ketika Rapat Koordinasi Sosialisasi Penyaluran Dana Hibah Kesenian Tahun 2020, Kepala Dinbudpar Kabupaten Temanggung Edy Cahyadi berharap, dengan adanya bantuan dana hibah tersebut mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kualitas masing-masing kelompok pelaku seni budaya di Kabupaten Temanggung. 
"Semoga pelaku kesenian bisa menggunakan bantuan dana hibah untuk dibelanjakan kepada pelaku usaha yang ada di Temanggung juga. Seperti untuk membeli kostum dibelikan kepada pembuat pakaian kesenian di Temanggung, agar perputaran ekonominya kembali ke masyarakat Temanggung lagi," harapnya.
Edy juga menambahkan, bahwa pihaknya berharap agar dana hibah juga mampu mendorong untuk menegaskan ciri khas khusus tentang seni budaya asli dari Temanggung dan tidak berkiblat pada seni budaya dari daerah lain.
“Dengan adanya bantuan dana hibah, semoga para pelaku seni di Kabupaten Temanggung tidak hanya menjiplak ciri dari daerah lain, tapi mampu melestarikan dan memajukan kesenian asli dari Temangggung,” tegasnya pada sambutan ketika Rapat Koordinasi Sosialisasi Penyaluran Dana Hibah Kesenian Tahun 2020, Senin (22/6/2020).
Adapun salah satu perwakilan dari Paguyuban Topeng Ireng Kemiriombo Gemawang, Slamet Parni mengaku, bahwa pihaknya sangat antusias dalam mengurus proposal dan persyaratan pengajuan pencairan bantuan dana hibah kesenian tersebut. Karena dengan adanya dana tersebut pihaknya menyakini akan meningkatkan performa dari kelompoknya.
“Dana ini nantinya akan saya belanjakan untuk kostum Topeng Ireng Kemiriombo, agar kedepan dapat memberikan tontonan yang atraktif dan menarik di paska new normal besok,” kata Slamet. (MC TMG/Agung; Ekape )

Pencarian:

Komentar:

Top