Iklan Layanan Masyarakat

2161 Pendaftar PPS Jalani Tes

Senin, 09 Jan 2023 20:19:53 534

Keterangan Gambar : 2161 Pendaftar PPS Jalani Tes


Temanggung, MediaCenter - Sebanyak 2161 pendaftar Panitia Pemilihan Suara (PPS) di Kabupaten Temanggung direncanakan menjalani tes secara tertulis secara serentak pada Selasa (10/1/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Muhamad Yusuf Hasyim mengatakan, pendaftar PPS yang lolos administrasi di kabupaten tersebut sebanyak 2161 orang. 

"Berdasar jadwal, mereka akan menjalani tes tertulis pada Selasa (10/1/2023). Pelaksaan di sekolah, atau gedung yang telah ditetapkan oleh KPU," kata Yusuf Hasyim, Senin (9/1/2023).

Ia mengatakan, dalam melaksanakan tes tersebut pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga kabupaten setempat. Sedangkan pelaksana teknis oleh PPK. 

Yusuf menyampaikan setelah tes tertulis, koreksi akan dilakukan oleh PPK yang sifatnya membantu KPU, sedangkan perengkingan untuk menuju 6 besar ditentukan oleh KPU.

Mereka yang lolos tes tertulis, selanjutnya akan menjalani wawancara dengan PPK setempat. Materi dalam wawancara tersebut berupa pendalaman dari teori, pengalaman kepemiluan dan tanggapan masyarakat.

"Nanti akan dipilih 867 PPS yang bertugas di 289 desa/kelurahan di Temanggung," terangnya.

Ia menyampaikan harapan terpilih anggota PPS yang benar-benar berkualitas, profesional dan tidak partisipan. Sehingga pelayanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa optimal dan sukses. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Tunggul Purnomo mengatakan setelah PPK pada pekan lalu dilantik, KPU selanjutnya melakukan perekrutan PPS yang tahap krusial antara lain tes seleksi. 

"Pada tes seleksi ini diharapkan tidak ada permainan, dan mereka yang ikut tes adalah pendaftarnya sendiri. Bukan joki," katanya.

Ia mengatakan, PPS sebagai penyelenggara kepemiluan di tingkat desa, harus profesional dan berintegritas. Mereka bukanlah partisan peserta Pemilu. Dalam perekrutan PPS tersebut, Panwaslu atau masyarakat harus mengawasi betul prosesnya. 

"Kami dari masyarakat berharap, mereka yang terpilih punya integritas tinggi dalam kepemiluan," tandasnya. (MC.TMG/aiz;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top