Iklan Layanan Masyarakat

1.500 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Temanggung

Kamis, 22 Des 2022 14:38:13 324

Keterangan Gambar : 1.500 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Sebanyak 1.500 personel gabungan TNI, Polri, BPBD, dan lain-lain siap mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Selain itu, kesiapan terkait bahan kebutuhan pokok, infrastruktur jalan dan lain-lain telah disiagakan. Selain itu, ketersediaan bahan kebutuhan pokok juga menjadi atensi utama, selain keamanan. 

"Personel gabungan kita dari Polri, BPBD, Satpol dan lain-lain ada 1.500 personel, ini untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Kita siagakan dua Pospam sekaligus, Posyan yakni di depan BCA Temanggung dan depan RSK Ngesti Waluyo Parakan, kemudian Pospam di depan Polsek Kranggan dan di depan TKPI Pringsurat," kata Kapolres AKBP Agus Puryadi usai Apel Gelar Pasukan Lilin 2022 di Halaman Mapolres Temanggung, Kamis (22/12/2022). 

Kapolres juga menggarisbawahi, akan ada antisipasi kecelakaan lalu lintas dengan pengaturan-pengaturan dan pembangunan pos di Pingit dan Kranggan, juga patroli. Sedangkan antisipasi kejahatan akan diturunkan petugas berseragam dan tidak berseragam, termasuk akan diberikan pengamanan intensif terhadap gereja-gereja. 

"Kepada masyarakat, kami Polres, Kodim, dan Pemda sudah siap dalam rangka pengamanan Nataru. Umat Nasrani silahkan beribadat dengan khidmat, kita akan menjaga. Yang mau merayakan tahun baru silahkan, namun jangan mengganggu," katanya.  

Bupati HM Al Khadziq selaku Pembina Upacara membacakan amanat Kapolri menyampaikan, Operasi Lilin digelar selama 11 hari, mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023. Berbagai persiapan dilakukan agar masyarakat merasa nyaman dan aman. Diperkirakan ada ratusan ribu orang mudik, melintas, atau berwisata ke Temanggung. Sejauh ini hasil pemantauan di pasar, barang kebutuhan pokok di Temanggung stok sangat mencukupi, cukup untuk selama perayaan Natal dan Tahun Baru, serta musim liburan pada akhir tahun ini. 

"Meski begitu, Dinas Perdagangan terus melakukan pemantauan di pasar-pasar, termasuk suplai barang, harga sampai sekarang juga belum ada kenaikan masih normal. Kami berharap, masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan tenang, gembira, karena pemerintah senantiasa berusaha menjamin ketercukupan bahan kebutuhan pokok masyarakat," katanya.  

Guna menyambut ratusan ribu orang datang dan melintas di Temanggung, maka jalan-jalan disiapkan dengan posko-posko. Selain itu, tempat wisata juga diantisipasi, termasuk bencana, di mana di Temanggung paling sering tanah longsor dan angin ribut, maka petugas BPBD, alat berat, pemadam kebakaran juga telah disiapkan agar sigap. (MC.TMG/ary;wll;chy;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top