Iklan Layanan Masyarakat

10 Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan Resmi Dikukuhkan

Kamis, 17 Sep 2020 16:02:25 947

Keterangan Gambar :


Temangung, MediaCenter - Sebanyak 10 orang calon Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (TP PKK) tingkat kecamatan di Kabupaten Temanggung mengikuti acara pelantikan dan serah terima Ketua TP PKK di Aula Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Temanggung, Kamis (17/09/2020).

Ke-10 calon Ketua TP PKK tingkat kecamatan yaitu TP PKK Kecamatan Tembarak, Tlogomulyo, Bulu, Parakan, Kledung, Bansari, Gemawang, Jumo, Kranggan dan Kecamatan Pringsurat, dilantik langsung oleh Ketua TP PKK tingkat kabupaten, Denty Eka Widi Pratiwi dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Harry Agung Prabowo, Pengurus TP PKK Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat dari 10 kecamatan selaku pembina TP PKK tingkat kecamatan beserta tamu undangan.

Denty menyampaikan selamat melaksanakan tugas kepada ibu-ibu yang telah dilantik sebagai Ketua TP PKK tingkat kecamatan pada 10 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

“TP PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program-program PKK,” jelasnya.

Ia berharap, Ketua TP PKK kecamatan yang sudah dilantik dapat memahami pola PKK, mampu melakukan fungsi pimpinan, mampu melakukan koordinasi ke dalam dan juga konsultasi keluar, serta menjadi figur yang menjadi panutan bagi pengurus dan masyarakat. 

“Saya yakin anda semua mempunyai potensi untuk bisa dikembangkan dan potensi sebagai panutan dimana pelaksanaan 10 Program Pokok PKK bisa dilaksanakan, serta mengoptimalkan dan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan masing-masing,” tambahnya.

Ia menambahkan, ada 3 program yang menjadi prioritas dari TP PKK Kabupaten Temanggung, diantaranya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemanfaatan pekarangan di rumah dan fasilitas-fasilitas umum untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA), sayur mayur, buah-buahan dan juga ternak dan perikanan serta pelaksanaan Jogo Tonggo. 

“Di situasi pandemi ini, bisa kita lebih disiplinkan protokol kesehatan dan juga pengelolaan sampah,” ajak Denty.

Ia juga mengajak kepada seluruh jajaran TP PKK untuk mensukseskan Tani Pekarangan yang menjadi hatinya PKK dengan capaian minimal bisa dilakukan di semua kader PKK semua tingkatan sampai Dawis dan juga merambah ke masyarakat sekitar, dengan target ketahanan pangan untuk keluarga  bisa tercukupi dari pekarangan rumah masing-masing.

“Melalui pelaksanaan Jogo Tonggo, mari kita menggali rasa kepedulian sosial yang bisa kita laksanakan, dimanapun tempatnya, dalam situasi apapun dan siapapun bisa melaksanakan,” tambahnya.

Hary Agung Prabowo, menyampaikan sambutan dari Bupati Temanggung yang mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK kecamatan yang sudah dilantik serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada ketua TP PKK kecamatan masa jabatan sebelumnya.

Bupati berharap kepada Ketua TP PKK Kecamatan yang sudah dilantik untuk menjaga kemitraan dengan pemerintah, lembaga kemasyarakatan, swasta, serta stakeholder lainya secara kesinambungan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan, baik di Kabupaten Temanggung, kecamatan ataupun desa/kelurahan.  (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top