Iklan Layanan Masyarakat

Kelompok Tani Terima Bantuan Pupuk

Jumat, 24 Jun 2022 20:20:27 388

Keterangan Gambar : : Bupati HM Al Khadziq secara simbolis menyerahkan bantuan pupuk kepada perwakilan petani di Balai Desa Batursari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jumat (24/6/2022).


foto: Bupati HM Al Khadziq secara simbolis menyerahkan bantuan 
 

Temanggung, MediaCenter - Para petani tembakau dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, menerima bantuan pupuk. Selain secara simbolis perwakilan petani menerima bantuan tersebut, mereka juga mendapatkan sosialisasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) terkait bantuan pupuk KN03. 

"Hari ini kami menghadirkan 100 orang perwakilan kelompok tani dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, guna menerima secara simbolis bantuan pupuk. Sumber dana berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT)," kata Kepala DKPPP, Joko Budi Nuryanto, di sela-sela acara di Balai Desa Batursari, Kecamatan Kledung, Jumat (24/6/2022). 

Bupati HM Al Khadziq mengapresiasi upaya DKPPP Kabupaten Temanggung atas inisiatif, serta kerja kerasnya mendampingi para petani, termasuk pemberian bantuan pupuk. Pemkab Temanggung sifatnya mendampingi, bersama-sama dengan petani mengatasi semua permasalahan yang ada, baik di bidang budidaya, pengolahan, sampai pemasaran hasil. 

"Pemberian bantuan bibit atau pupuk adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada para petani. Maka dengan berkumpul seperti ini kita bisa berdialog. Sesulit apapun persoalan dalam bidang pertanian termasuk tembakau mari kita hadapi bersama-sama, ikhtiar bersama-sama, tidak bisa saling menyalahkan," kata Bupati.

Kendati demikian, diakuinya persoalan dalam hal pertanian cukup pelik termasuk pertembakauan. Mulai dari segi budidayanya, yang masih ada tambal sulam, di bidang olahan ada persoalan orang mencampur tembakau Temanggung dengan tembakau luar daerah, sehingga mengganggu kemurnian terkait kualitas. Di bidang perdagangan ditemukan hambatan, terutama soal harga, naiknya cukai rokok. 

"Pemerintah dan masyarakat harus selalu berusaha bersama-sama untuk keluar dari situasi sulit. Nah, untuk bantuan pupuk seperti ini sebagai bentuk bahwa pemerintah selalu ingin membantu, ingin bersama-sama petani agar masalah kita hadapi bersama-sama," tandasnya.(MC.TMG/ary;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top