Temanggung - Pemkab Temanggung menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2017, Selasa (2/5) di halaman Setda Kabupaten Temanggung. Bertindak selaku inspektur upacara  Bupati HM Bambang Sukarno, dihadiri pejabat FKPD dan pejabat terkait serta diikuti pelajar, mahasiswa dan unsur terkait lainnya.

Mendikbud Muhajir Effendy dalam amanat tertulisnya yang dibacakan inspektur upacara berharap generasi penerus harus mempunyai budi pekerti dan menguasai berbagai keterampilan.Dalam visi presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang ketrampilan vokasi dan profesi abad 21.

Muhadjir mengatakan untuk mewujudkan visi tersebut, Kemendikbud siap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Oleh sebab itu, pembentukan karakter harus dimulai dari pendidikan dasar

"Untuk tujuan itu, sekarang tengah diupayakan penyelarasan penyatuan dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, di lingkungan sekolah dan yang ada di luar sekolah. Sehingga proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup, dan sumpeg melainkan terbuka, luwes dan leluasa. Demikian pula revitalisasi SMK kini sedang dilaksanakan, dan perbaikan sistem kartu indonesia pintar terus dilakukan," kata dia.

Kendati begitu, dia mengaku siap melakukan reformasi pendidikan di Indonesia. Namun pihaknya membutuhkan dukungan berbagai elemen masyarakat agar mutu pendidikan lebih baik. Reformasi pendidikan nasional tersebut merupakan proses jangka panjang bukan sesaat dan jangka pendek, sehingga perlu dilaksanakan secara sistemis, prosedural dan bertahap disamping perlu dukungan dan partisipatif konstruktif semua jajaran pelaksana pendidikan pemangku kepentingan bahkan warga bangsa Indonesia.

Dalam memperingati hari pendidikan nasional, tema Hardiknas tahun ini 'Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas'. Tema tersebut terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas yang semakin tinggi,“ tandasnya.  (MC TMG/ Ara/hms17/Edy Laks)