Kementrian Pertanian Optimis Tak Lagi Import Bawang Merah

Ditulis pada Sabtu, 26 Mei 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center – Kementrian Pertanian menegaskan tidak ada lagi import bawang merah, dan kebutuhan akan bawang merah di Indonesia optimis dapat tercukupi.

Dikatakan oleh Dirjen Holtikultura Kementrian Pertanian, jika Indonesia sudah tidak lagi melakukan import pada kebutuhan bawang merah sejak tahun 2016 lalu. “kita tidak lagi import untuk bawang merah, bahkan kita telah melakukan export di tahun 2017 sebesar 7.760 ton”, jelas Suwandi saat di temui di Temanggung  Rabu (24/5).

Ia mengatakan kondisi seperti ini karena adanya berbagai strategi yang telah disiapkan oleh kementrian sendiri. Adapun strategi yang dilakukan yakni menstabilkan harga antar bulan. “Sehingga kita menanam di musimnya dan juga di off seasion kita nanam juga”, Imbuh Suwandi. Selanjutnya juga membangun Kawasan tidak hanya di Pulau Jawa, serta mengamankan aspek pasokan sampai ke pola distribusinya dengan bekerjasama dengan semua pihak.

Suwandi menyebutkan dalam bulan Mei – Juni ini kebutuhan akan bawang merah di Indonesia sekitar 111 hingga 116 ribu ton. Sementara itu ketersediannya yang ada mencapai 125 hingga 127 ribu ton. Sehingga kondisi saat ini dapat dikatakan surplus sebesar 8 hingga 14 ribu ton.

Adapun centra bawang merah seperti daerah Brebes dan Demak dan juga beberapa daerah lain dirasa cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga pemerintah sangat optimis dalam menjaga stabilitas harga maupun kebutuhan bawang merah.

Suwandi mengaku dalam menangani stabilitas harga pada komoditas bawang merah telah melakukan kerjasama dengan 5 mitra  yang sudah ada. Kelima mitra tersebut yakni INKOPPOL (Induk Koperasi Polri), HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia), KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan), PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) serta PT Midi Utama Indonesia yang dikelola Alfamidi.

Selain itu juga Kementrian Pertanian telah bekerjasama dengan satgas pangan apabila didapati gangguan – gangguan tentang tataniaga yang tidak tepat. “kalau satgas pangan turun mengamankan akhirnya juga kayak tahun lalu stabil kita pertahankan minimal sama dengan tahun lalu”, jelas Suwandi.  (MC TMG / Penulis ; Ria / Foto : Coeplis / Editor : Eknu)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

KAPOLRES TEMANGGUNG HIMBAU PEMUDIK GUNAKAN JALUR TENGAH

Temanggung, Media Center – Arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingg

Ruas Jalan di Wilayah Temanggung Masih Terpantau Lancar

Temanggung, Media Center – Memasuki musim mudik lebaran 2018, sejumlah rua

Grebeg Pembuat Miras Oplosan, Polres Temanggung Dapat Tanggapan Positif Berbagai Pihak.

Temanggung, Media Center- Jum’at (8/6). Jajaran Pemerintah Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018