Tingkatkan Keuntungan Petani, Pemerintah Resmikan Pasar Lelang

Ditulis pada Kamis, 24 Mei 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center - Pemerintah berharap pasar lelang cabe di Temanggung dapat berperan dalam menyeimbangkan harga cabe serta menguntungkan petani yang  berada di wilayah Kabupaten Temanggung.

Hal ini disampaikan oleh Suwandi selaku Dirjen Holtikultura Kementrian Pertanian saat melakukan launcing pasar lelang cabai di Desa Ngimbrang, Kecamatan Bulu Temanggung Rabu (23/5). Ia mengapresiasi upaya dan inisiatif yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani Bumi Phala (Gapoktan MIPA) untuk membangun pasar lelang tersebut.

Ia menyebutkan dengan adanya pasar lelang akan menimbulkan berbagai kelebihan serta keuntungan bagi petani. Salah satu kelebihan yaitu akan memberikan kesamaan harga antar satu kecamatan dengan kecamatan lainnya. "Adanya pasar lelang petani dapat menikmati harga tertinggi dari penawaran yang ada, selama ini kalau nggak ada pasar lelang langsung petani menjual sendiri - sendiri sehingga harga beragam, petani kecamatan A dengan kecamatan B pasti beda harganya, kalau dengan pasar lelang disebut istilahnya one region one price jadi satu Kabupaten Temanggung harganya sama" jelas Suwandi.

Pasar lelang yang baru pertama kali di Temanggung ini akan dipasok dari 20 kecamatan yang ada di Temanggung. Selanjutnya Masrik Amin selaku kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung mengatakan, dengan adanya pasar lelang agar para pelaku yakni petani dengan investor agar melakukan perdagangan yang win win solution agar tidak menimbulkan kerugian salah satu pihak. Masrik juga mengungkapkan dengan adanya pasar lelang ini nantinya petani akan mendapatkan harga yang menguntungkan. (MC TMG / Penulis ; Ria / Foto ; Coeplis / Editor : EJP)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

KAPOLRES TEMANGGUNG HIMBAU PEMUDIK GUNAKAN JALUR TENGAH

Temanggung, Media Center – Arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingg

Ruas Jalan di Wilayah Temanggung Masih Terpantau Lancar

Temanggung, Media Center – Memasuki musim mudik lebaran 2018, sejumlah rua

Grebeg Pembuat Miras Oplosan, Polres Temanggung Dapat Tanggapan Positif Berbagai Pihak.

Temanggung, Media Center- Jum’at (8/6). Jajaran Pemerintah Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018