Desa Wonokerso Melaksanakan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Ditulis pada Jumat, 11 Mei 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter – Hari ini Rabu (9/5) Desa Wonokerso kecamatan Tembarak kabupaten Temanggung melaksanakan penilaian lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Desa Wonokerso kecamatan Tembarak telah terpilih untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah yang sebelumnya menjadi juara satu tingkat Kabupaten Temanggung. Dalam kegiatan ini seluruh masyarakat Desa Wonokerso sangat berantusias menunjukkan bahwa desa mereka layak untuk mengikuti perlombaan ini, terbukti dengan sangat meriahnya acara dan konsep yang telah dibuat, mulai dari penyambutan tim penilai, kemudian arak-arakan menggunakan mobil antik yang berjalan memutari 11 dusun yang ada didesa Wonokerso, dan inovasi-inovasi yang dibuat oleh masyarakat.

Wildan Latif kepala desa Wonokerso menjelaskan, untuk mempersiapkan penilaian ini dibutuhkan kurang lebih 7 hari untuk menata konsep dan mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Ada banyak inovasi-inovasi yang sudah dipersiapkan oleh desa Wonokerso antaralain, tubing, pasar papringan, kesenian, makanan tradisional, perpustakaan berjalan, peternakan, pertanian, perikanan, UKM dan lain sebagainya.

Semoga kegiatan seperti ini tetap terus berjalan tidak hanya saat ini saja, kebersihan tetap dijalankan dan ekonomi masyarakat bisa berkembang dengan adanya pasar papringan yang menyediakan makanan dan hasil kerajinan lokal “ ungkap Wildan Latif.

Dalam penilaian ini ketua penilai yang diwakilkan oleh M.Chafidz dari Dinpermades Provinsi Jawa Tengah menjelaskan ada beberapa unsur penilaian mulai dari administrasi bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kelembagaan. Ada 6 kabupaten ditahun 2018 yang mengikuti kegiatan ini yaitu kabupaten Boyolali, Brebes, Pekalongan, Demak, Pati dan Temanggung,

Menurut M.Chafidz tujuan diadakannya kegiatan ini yang pertama adalah untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan desa, efektifitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Yang kedua untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dan daya saing desa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kurun waktu bulan Januari sampai bulan Desember tahun 2017.

Pejabat sementara Bupati Temanggung Sudaryanto dalam pidatonya menyebutkan dan menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan semangat masyarakat Desa Wonokerso yang sudah mempersiapkan dengan sangat baik sehingga penilaian berjalan dengan lancar.

saya sangat berharap Desa Wonokerso bisa mendapatkan juara satu dalam lomba desa tingkat provinsi jawa tengah ini, dengan persiapan yang sangat bagus saya yakin desa Wonokerso bisa mendapatkan juara satu “ ungkap Sudaryanto.

Setelah dilakukan penilaian, peserta juara I, II dan III akan mendapatkan uang pembinaan dan juara satu akan mengikuti temu karya yang akan dilaksanakan bulan oktober 2018 di pulau Bali. (MC TMG/Penulis: Aji Foto: Agung Editor:  Eknu)

Bagikan:

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua

Dinkominfo Ajak Siswa Peserta MOS Berinternet Secara Cerdas

Temanggung, MediaCenter – Dalam mengisi kegiatan Masa Orientasi Siswa

Bea Cukai Beri Izin Usaha Pabrik Rokok Di Temanggung

Temanggung, MediaCenter – Qimpuls salah satu perusahaan rokok di Temanggun


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018