Produk Olahan Kopi di Indonesia Semakin Diincar Masyarakat

Ditulis pada Jumat, 11 Mei 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter - Tahun 2017 eksport dari produksi olahan kopi di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10% dari tahun 2016. Saat ini sumbangan pemasukan devisa yakni mencapai USD 469,4 juta.

Kondisi tersebut didukung dengan adanya kebutuhan akan konsumsi olahan kopi di masyarakat Indonesia semakin meningkat. Sehingga para produsen pengolah kopi semakin gencar mengembangkan usahanya dalam mencukupi kebutuhan konsumen.

Sementara itu, untuk eksport produk kopi olahan salah satunya didominasi oleh produk kopi instan. Industri olahan kopi sendiri di Indonesia telah terdapat 50 perusahaan besar, dan ribuan industri kecil olahan kopi. Menurut Dirjen Industri Agro, Panggah Susanto saat ditemui di Temanggung, Selasa (8/5).  sebagian besar olahan kopi tersebut telah mempunyai brand local.

Panggah menyebutkan strategi promosi yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Kementrian Perindustrian RI dalam melakukan promosi yakni dengan mengadakan pameran. Pameran tersebut dilakukan setiap 4 bulan sekali yang dapat diikuti oleh industri kecil menengah. Sedangkan setiap daerah di Indonesia telah memiliki brand local sebanyak 5 hingga 10 brand.

Selanjutnya, dalam mendorong  serta meningkatkan kinerja industri serta menghadapi globalisasi dan pasar bebas, pemerintah akan terus melakukan peningkatan daya saing. Hartarto menyebutkan peningkatan tersebut akan melalui penggunaan teknologi proses yang efisien dan inovatif, peningkatan kualitas produk dengan penerapan sistem manajemen mutu dan keamanan pangan, serta pengembangan diversifikasi produk menyesuaikan dengan permintaan pasar. Selain hal tersebut juga dikatakannya bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia seperti barista, roaster dan penguji cita rasa juga penting dilakukannya.

Selanjutnya, Hartarto selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia mengatakan meningkatnya kebutuhan olahan kopi tersebut karena juga didorong oleh pertumbuhan kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. "Sehingga dengan kondisi seperti saat ini kinerja industri pengolahan kopi didalam negeri mengalami peningkatan yang signifikan" jelas Hartarto. (MC TMG : Penulis : Ria / Foto : Coeplis / Editor :Eknu)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 dengan Semangat Persatuan Bangsa

Temanggung, MediaCenter – Senin (21/5), Pemerintah Daerah Kabupaten Temang

35 Ruas Jalan di Temanggung Siap Mendapatkan Perbaikan

Temanggung, Media Center - Sebanyak 35 ruas jalan di seluruh wilayah Kabupaten T

Dinkominfo Temanggung Jalin Komunikasi dengan ARSW

Temanggung, MediaCenter – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018