Menteri Perindustrian Serahkan Bantuan Alat Produksi Kopi Temanggung

Ditulis pada Rabu, 09 Mei 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center – Sebagai sarana penunjang dalam memenuhi kebutuhan kopi yang semakin meningkat, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyerahkan bantuan kepada kelompok tani yang berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung (8/5).

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto tersebut berupa satu buah mesin pengupas biji kopi. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencukupi kebutuhan ekonomi melalui usaha kopi.

Dengan bantuan tersebut, Airlangga berharap dapat menunjang kualitas pengolahan kopi dalam setiap rantai nilainya, sehingga kopi Temanggung dapat berkembang dan mendapatkan nama di dunia internasional. “Kami atas nama pemerintah itu selalu berharap masyarakat bertambah sejahtera,”ungkap Hartarto usai melakukan panen raya Kopi di Tlahab Kledung Temanggung.

Sementara itu, bantuan serupa juga pernah diberikan oleh Kementrian Perindustrian pada tahun 2015 lalu. Bantuan tersebut berupa mesin pengupas kulit buah kopi, mesin sortasi biji kopi, mesin sangrai kopi, mesin pembubuk kopi serta mesin ekspresso kopi.

Airlangga menyebut saat ini pemerintah Kabupaten Temanggung telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam mendorong tumbuh dan berkembangnya produksi kopi daerah, serta telah mendorong industri pengolahan kopi di Temanggung.

Ia juga mengatakan, langkah yang dilakukan pemerintah tersebut nyatanya berhasil membawa kopi Temanggung terdaftar dalam dua indikasi Geografis Kopi. Indikasi tersebut yakni Kopi Arabika Jawa Sindoro – Sumbing dan Kopi Robusta Temanggung.

Selanjutnya, industri pengolahan kopi diharapkan bisa tumbuh dan bisa menjadi penyangga panen tembakau di Kabupaten Temanggung, dengan sinergitas dua komoditas ini diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. (MC TMG /Penulis ; Ria / Foto ; Coeplis / Editor ; Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 dengan Semangat Persatuan Bangsa

Temanggung, MediaCenter – Senin (21/5), Pemerintah Daerah Kabupaten Temang

35 Ruas Jalan di Temanggung Siap Mendapatkan Perbaikan

Temanggung, Media Center - Sebanyak 35 ruas jalan di seluruh wilayah Kabupaten T

Dinkominfo Temanggung Jalin Komunikasi dengan ARSW

Temanggung, MediaCenter – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018